MAN 3 Solok Menuju Madrasah Plus Keterampilan Pertanian

Alahan Panjang, SuhaNews – Dipercaya menjadi tuan rumah upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 77 Kementerian Agama tingkat Kabupaten Solok, MAN 3 Solok menyatakan kesiapan menjadi madrasah plus pertanian.

Hal ini diungkapkan kepala MAN 3 Solok H. Yulfentri, S.Pd, MM dihadapan Bupati Solok yang diwakili Asisten I Drs. Syahrial, Kakan Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli dan Kasubbag Tata Usaha H. Fuadi Nawawi.

Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) menampilkan aneka produk pertanian khas Alahan Panjang yang berasal dari kebun milik madrasah yang lokasinya memang luas untuk dikembangkan menjadi madrasah plus keterampilan.

“Alahan Panjang terkenal sebagai daerah penghasil sayur, maka kita merencanakan kedepannya menjadi madrasah plus keterampilan,” ujar H. Yulfentri.

Selain ditunjang oleh geografis dan kearifan lokal di Lembah Gumanti dan sekitarnya, rencana ini juga dilatar belakangi lahan yang dimiliki madrasah cukup luas untuk dijadikan ladang sekaligus lahan praktek.

“Saat ini beberapa titik sudah ditanami beberapa jenis tanaman sayur bernilai ekonomis, seperti bawang, kentang, cabe dan lainnya,” ulas Yulfentri.

Meski menuju madrasah plus keterampilan pertanian, skill lain juga akan diberikan kepada siswa sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini seperti robotik dan multi media.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli menyambut baik rencana tersebut. Ia menambahkan, selain menuju madrasah plus, MAN 3 Solok ini layak dikembangkan menjadi borading school karena memiliki lahan yang luas untuk pembangunan asrama serta fasilitas lainnya.

“Madrasah plus akan lebih bagus jika dikelola dalam konsep boarding school sehingga siswa lebih optimal mengikuti semua program yang disusun,” ujar H. Zulkifli.

Ditambahkan, Untuk mengikuti perkembangan zaman, maka lembaga pendidik perlu berinovasi menciptakan siswa dan luluan ysang dadanya berisi iman, kepala berisi ilmu pengetahuan dan tangannya lincah memiliki keterampilan.

BACA JUGA  HUT Sumbar ke 77, Gubernur ajak Masyarakat Terus Tingkatkan Kolaborasi dan Sinergi Demi Kemajuan Daerah

“Selain kita dijajaran Kementerian Agama, upaya dan cita-cita kita ini diharapkan dukungan dan sokongan pemerintah daerah,” ujar Kakan Kemenag.

Menanggapi hal itu Drs. Syahrial menyampaikan Pemerintah Kabupaten Solok sudah pasti mendukung renacan tersebut, karena sejalan dengan misi pemerintah memajukan pendidikan di Kabupaten Solok.

Selain menjadi tuan rumah upacara, MAN 3 Solok juga menampilkan stand produk pertanian dari lahan yang dimiliki madrasah. Fendi

Berita Terkait :

 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -