Manasik Haji Sepanjang Tahun di Pasaman, Kakan Kemenag Berikan Bimbingan

Pasaman, SuhaNews – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman Yasril memberikan bimbingan manasik haji di auditorium Arummas Hotel Lubuk Sikaping, Minggu (15/10).

Pada kegiatan tersebut, Yasril menyampaikan upaya Kementerian Agama dalam mempersiapkan calon jemaah haji yang salah satunya memberikan pembekalan melalui bimbingan manasik haji sepanjang tahun.

Disambungnya, ini adalah satu ikhtiar untuk membentuk kemandirian jamaah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci. Ini merupakan satu dari tanggung jawab Pemerintah dengan bentuk pembinaan serta penyuluhan.

“Tujuan utamanya adalah secara dini jamaah haji mempersiapkan diri dengan berbagai bekal, pengetahuan tentang manasik, tidak hanya ibadah juga kesehatan, agar menjadi jamaah yang mandiri dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji mereka lakukan saat berangkat”, tukas Yasril.

Disamping itu, Pejabat low profile tersebut menjelaskan tanggung jawab pemerintah yang beralas Undang-Undang nomor 8 Tahun 2019 yang sebelumnya Undang-Undang nomor 13 Tahun 2008, selain dalam hal pembinaan, pemerintah juga mengakomodir pelayanan kepada jemaah calon haji, seperti persoalan administrasi mulai dari pendaftaran hingga pelunasan, penyediaan sarana transportasi, akomodasi, pemondokan, dan petugas haji, serta layanan kesehatan.

Sedangkan untuk perlindungan disebutkan Yasril antara lain pemberian asuransi, pelayanan khusus kepada penyandang disabilitas, serta memperoleh identitas sebagai warga Negara Indonesia yang dilengkapi dengan dokumen.

Informasi dari Kepala KUA Kecamatan Lubuk Sikaping sebagai tuan rumah penyelenggaraan, bimbingan manasik Tahun 1445 Hijriyah diikuti jemaah calon haji asal Lubuk Sikaping, Bonjol, Simpang Alahan Mati dan Tigo Nagari.

Tampak hadir Kepala KUA Kecamatan Tigo Nagari Abdul Munir dan Pengurus KBIHU Yasin Kapas. Yusuf

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Putra-Putri Guru MTsN 7 Solok Bagian dari Suksesnya Kafilah Tanjung Balik sebagai Juara Umum MTQ 39 X Koto Diatas
- Advertisement -
- Advertisement -