Manfaatkan Dana Senilai Rp716 Miliar, Jalan Trans Mentawai Dibangun

jalan
Mentawai, SuhaNews – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, bersama sejumlah pejabat terkait menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kepulauan Mentawai, di Tua Pejat, Senin (18/01/2021).

Rakor ini digelar dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan jalan trans Mentawai dan Kawasan Ekonomi  Khusus Mentawai,

“Rakor ini dilaksanakan sekaitan Peraturan Presiden No. 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020 – 2024 tentang paket infrastruktur jalan Trans Mentawai di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat senilai Rp. 716 Miliar,” ujar Nasrul Abit.

Kehadiran pemprov, jelas Wakil Gubernur, dalam rangka evaluasi. Tahapan apa saja yang sudah dilaksanakan, mengetahui permasalahan dan melihat kondisi terakhir pembangunan. Jalan Trans Mentawai ini perlu dilakukan percepatan.

Nasrul Abit menyebutkan bahwa berdasarkan pertemuan terakhir dengan Djoko Hartoyo, Asisten Deputi Infrastruktur Pengembangan Wilayah Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI, anggaran Rp716 Miliar ini baru sebagian, masih banyak lagi peluang-peluang lain untuk Mentawai.

“Walaupun sudah ada keputusan presiden kalau tidak dijemput bola, tidak dilakukan lobi, maka tidak berarti apa-apa, karena orang sekarang rebutan, negeri ini juga awalnya dalam kondisi sulit. Nah, jadi dengan berbagai alasan, maksud saya kita harus gigih perjuangan terus,” tegas Wagub.

Jalan Trans Mentawai, jelas Nasrul Abit, adalah jalan poros yang membelah empat pulau utama di Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang akan menjadi jalan nasional. Sehingga untuk beberapa tahun ke depan, diharapkan seluruh gugus pulau di Mentawai sudah terkoneksi.

Pembangunan jalan trans Mentawai sudah dimulai sejak 2013, ada total sekitar 405,2 Km total panjang trans Mentawai yang ditargetkan selesai dan tersebar di empat pulau besar (Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan).

Rapat koordinasi ini dihadiri Wakil Bupati Kep. Mentawai, Sekda Kabupaten Kepulauan  Mentawai, Dinas Teknis Provinsi, Forkompimda Kabupaten Kepulauan Mentawai, OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

BACA JUGA  Suami Istri Tewas Dengan Luka Tusukan Gegerkan Saok Laweh

Kunjungan ke Mentawai ini,menjadi kunjungan terakhir Nasrul Abit, selaku Wakil Gubernur Sumbar.

Selama ini, perhatian Wagub untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Mentawai, sangat tinggi.

Nasrul kerap melakukan kunjungan ke Mentawai dan berkeinginan Mentawai menjadi destinasi wisata yang dikenal dunia.

“Jabatan saya akan berakhir karena itu diharapkan ke depannya, dengan  adanya dukungan masyarakat, rencana pembangunan trans Mentawai akan berjalan dengan baik,” pungkas Nasrul Abit. (*/Wewe) 
Baca juga:

Facebook Comments

loading...