Masjid Raya Sumani Kembali Dibuka Untuk Salat Jumat

raya
Sumani, SuhaNews. Mulai 5 Juni 2020 ini masjid raya Sumani kec. X Koto Singkarak Kab. Solok kembali menyelenggarakan salat Jumat. Hal ini diputuskan dalam rapat pengurus pada Selasa (3/6) yang lalu.

Pelaksanaan salat Jumat nantinya akan mengikuti protokol Covid-19 dan aturan serta petunjuk dari pemerintah untuk pelaksanaan ibadah selama new normal ini. Seperti penyediaan fasilitas cuci tangan di area masjid dan mengingatkan jamaah untuk memakai masker.

raya

Selain itu, jamaah juga dibatasi untuk masyarakat sekitar masjid raya Sumani. Sebelum pandemi, selain masyarakat Sumani, juga banyak musafir yang ikut salat di masjid ini karena masjid raya Sumnai berada dipinggir jalan lintas Sumatera Solok – Bukittinggi.

“Namun karena pandemi ini dan sesuai petunjuk pelaksanaan kegiatan ditempat ibadah selama new normal, maka pengurus dan wali nagari serta tokoh masyarakat sepakat untuk membatasi jamaah,” ujar H. Masrul salah satu pengurus Masjid Raya Sumani kepada SuhaNews.

Ia menyebutkan aturan ini berlaku selama penerapan new normal atau ada petunjuk dan aturan terbaru dari Pemerintah.

Pengurus juga menyampaikan himbauan kepada jamaah, diantaranya untuk yang kondisi badanya tidak fit agar tidak ikut salat berjamaah di masjid. Jamaah diminta untuk memakai masker dan mencuci tangan sebelum beraktivitas dilingkungan masjid.

Selain itu, jamaah juga diminta membawa sendiri perlengkapan salatnya seperti sajadah dan mukenah. Untuk pelaksanaan salat berjamaah nantinya jamaah diminta untuk membentuk saf sesuai petunjuk atau menjaga jarak.

Wali nagari Sumani H. Masri Bakar yang dihubungi terpisah oleh SuhaNews mengajak masyarakat untuk mematuhi aturan ini.

“Nantinya akan ada anggota LINMAS nagari Sumani yang akan memandu jamaah mengikuti protokol kesehatan saat pelaksanaan salat Jumat nanti,” jelas H. Masri Bakar.

raya

Tak lupa Wali Nagari mengajak masyarakat untuk mendoakan agar pandemi ini segera berakhir, agar semua aktivitas kembali normal. Termasuk kegiatan ibadah di masjid dan musala.

Menutup pembicaraannya H. Masri Bakar juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan penerapan new normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, membiasakan cuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

reporter : Ril editor : Moentjak

Baca Juga :

 

Facebook Comments

loading...