Masjid Raya Sumbar Buka Program Tahfudz Quran

Masjid Raya
Setelah sukses dengan program Tahsin dan Subuh Mubarok-nya, Masjid Raya Sumatera Barat (MRSB) saat ini juga memiliki program tahfidz Qur’an.

Tidak tanggung-tanggung, Program Tahfidz Qur’an di masjid Raya ini akan dikelola oleh guru-guru berkompeten. Bahkan ada guru seorang penghafal Qur’an (Hafizd) 30 juz yang susah pernah mengikuti perlombaan tilawah internasional.

“Insyaallaah, dalam rangka turut membantu pemerintah menyiapkan generasi penerus yang berbudi pekerti dan berkarakter, kita siapkan program ini dengan menghadirkan tenaga pengajar yang terbaik. Mudah-mudahan akan menghasilkan pula yang baik-baik,” ujar H. Rafles, Ketua Bidang Keimaman MRSB, Jumat (19/2/2021).

BACA JUGA  Wako Mahyeldi Apresiasi Camp Tahfiz Yayasan Bina El Fata Sumbar

Disamping itu, menurut Rafles, program ini juga untuk membantu siswa untuk bisa masuk kesekolah atau perguruan tinggi favorit melalui jalur tahfidz, tanpa tes akademis.

“Jadi pesertanya bisa siswa SLTP, SLTA, bahkan umum. tapi prioritas kita para siswa sehingga nanti berharap bisa membantu mereka diterima di sekolah maupun universitas favorit tanpa tes lagi, hanya tes hafalannya saja,” tambah Rafles yang juga menjadi pengelola dan guru program Tahsin, ini.

Ditambahkan juga, untuk tahap awal program ini, akan dibatasi sebanyak 10 orang dalam satu grup yang nantinya akan dibina oleh seorang guru. Target hafalannya 5 juz.

Secara teknis, menurut Bendahara MRSB, Yuzardi Maad, akan ada pertemuan tatap muka di awal untuk menguji bacaan. Lalu, jika bacaan sudah baik, akan diberikan teknik menghafal Qur’an oleh guru dan selanjutnya siswa atau peserta melanjutkan hafalannya dirumah masing-masing.

BACA JUGA  Evaluasi Kinerja Madrasah, Kemenag Kab. Solok Gelar Monev

“Jadi nanti setoran hafalannya di Masjid Raya. Soal biaya, kita rencanakan cuma
Rp. 100 ribu perbulan, sebagai pengikat komitmen belajar saja. Kadang jika digratiskan, komitmennya kurang. Tapi untuk peserta yang kuran mampu, kita akan fasilitasi bantuan dari Baznas,” jelas Yuzardi.

Bagi siswa, maupun masyarakat umum yang ingin ikut dalam program ini, kata Yuzardi, bisa langsung datang ke MRSB untuk mendaftar kepada pengurus.

Seperti disebut diawal, di MRSB juga telah berjalan program Tahsin Qur’an yang dibimbing langsung oleh H. Rafles. Program ini dikhususkan bagi jemaah yang sudah bisa membaca Al-Qur’an tapi tidak lancar.

BACA JUGA  Rumah Tahfidz Quran Al-Ghaniyyu, Sungai Lansek Gelar Wisuda Perdana

Program Tahsin Qur’an Masjid Raya ini dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis, sebelum dzuhur. Siapapun boleh mengikuti program ini secara gratis. Dan H. Rafles memakai metode lancar membaca Qur’an dengan empat langkah hanya dalam waktu dua jam, dijamin lancar bacaannya.Rel

Facebook Comments

loading...