Menang Adu Penalti, Tottenham Singkirkan Chelsea di Piala Liga Inggris

14
tottenham
Tottenham-Hotspur-vs-Chelsea berakhir 6-5
SuhaNews – Chelsea tersingkir dari Piala Liga Inggris setelah kalah adu penalti dengan Tottenham Hotspur di babak 16 besar, di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (30/9/2020) dini hari WIB.

Kedua tim saling bertarung di lini tengah. Jual beli serangan terjadi sejak awal, pertandingan berakhir 1-1, hingga dilanjutkan dengan adu pinalti.

Tembakan ke gawang baru hadir di menit ke-16. Adalah Chelsea yang membuatnya lebih dulu lewat tembakan kaki kiri Callum Hudson-Odoi, namun bola belum bisa merobek gawang setelah berhasil diamankan Hugo Lloris.

Chelsea perlahan mampu memegang kendali dengan melancarkan serangan dari kedua sisi. Gol pun datang untuk The Blues pada menit ke-19 lewat tembakan Timo Werner di tepi kotak penalti. Dia sukses mendapatkan bola usai menyambut umpan tarik Cesar Azpilicueta dari sisi kanan. 1-0 Chelsea memimpin.

Tottenham hampir menyamakan skor di menit ke-22. Gedson Fernandes berhasil menggiring bola masuk ke kotak penalti Chelsea dan mendekat ke gawang. Bola gagal ditembak setelah terjatuh usai pergerakannya diganggu Kurt Zouma.

Tempo pertandingan melambat setelah berjalan setengah jam. Chelsea masih mengambil kontrol penguasaan bola, namun sulit masuk ke sepertiga akhir pertahanan Tottenham.

Chelsea sempat lengah di menit ke-34. Serangan Tottenham menghadirkan ancaman ke gawang Eduardo Mendy dan Erik Lamela memapu melepaskan tembakan, yang gagal berbuah gol.

Tottenham benar-benar hanya bermain menunggu meski tertinggal 0-1. Tim besutan Jose Mourinho tak pernah beranjak jauh dari garis tengah lapangan saat Chelsea menguasai bola. Tim tamu pun terpaksa beberapa kali melepaskan umpan panjang ke kotak penalti.

Tak ada gol tambahan di babak pertama. Chelsea memimpin 1-0 hingga turun minum.

Tottenham tancap gas di awal-awal babak kedua. Dua tembakan ke gawang pun datang lewat Steven Bergwijn di menit ke-48 dan Sergio Reguilon di menit ke-49. Bola dari dua tembakan tersebut mampu dimentahkan Mendy.

Selama paruh kedua berjalan 10 menit, Chelsea tak dapat membuat ancaman berarti. Tim besutan Frank Lampard kalah agresif dari tim besutan Mourinho.

Setelah nyaris terus ditekan, Chelsea mampu membuat ancaman di menit ke-72. Werner dengan bebas melepas tembakan di kotak penalti Tottenham usai menerima bola umpan tarik. Bola tembakan Werner meluncur deras, namun Lloris dalam posisi yang pas untuk mengamankan gawang.

Chelsea mendapat peluang di menit ke-76 dari Hudson-Odoi. Setelah mengacak-acak dua pemain Tottenham, Hudson-Odoi melepaskan tembakan, namun masih melambung dari sasaran. Momen ini pun membuat Mourinho kesal dan masuk ke ruang ganti.

Tottenham akhirnya berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-84. Umpan silang Reguilon berhasil dituntaskan oleh Erik Lamela yang lepas dari posisi offside.

Tak ada gol tambahan hingga 90 menit berjalan. Pertandingan pun harus dituntaskan dengan adu penalti.

Duel adu penalti berjalan sengit. Lima eksekutor Tottenham berhasil menjalankan tugas dengan baik, yakni Eric Dier, Lamela, Emile Hojbjerg, Lucas Moura, dan Harry Kane.

Chelsea sempat mulus di empat penendangnya secara beruntun, yaitu Tammy Abraham, Azpilicueta, Jorginho, dan Emerson. Mason Mount, yang menjadi penendang kelima tembakannya melebar dari gawang. Tottenham pun berhak melaju ke babak perempatfinal usai menang 5-4 dalam adu tos-tosan.

Susunan Pemain:

Tottenham: Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Eric Dier, Japhet Tanganga (Harry Kane 70′); Serge Aurier, Gedson Fernandes (Pierre-Emile Hojbjerg 63′), Tanguy Ndombele, Moussa Sissoko, Sergio Reguilon; Steven Bergwijn (Lucas Moura 76′), Erik Lamela.

Chelsea: Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, Fikayo Tomori, Ben Chilwell (Emerson 66′); Jorginho, Mateo Kovacic (N’Golo Kante 70′); Callum Hudson-Odoi, Mason Mount, Timo Werner; Olivier Giroud (Tammy Abraham 76′).

Sumber: detik.com

Baca juga:

Facebook Comments

loading...