MGMP PAI SMP Kab. Solok Gelar Kependekar 2019

Pemasangan tanda peserta Kemah Kependidikan Karekter PAI Kab. Solok oleh Kakankemenag H. Alizar.
Solok, SuhaNews. MGMP PAI SMP Kabupaten Solok menggelar Kemah Pendidikan Karakter (Kependekar) untuk pembekalan siswa SMP se kabupaten Solok yang dimulai tanggal 17 sampai 19 Desember 2019 di Taman Kitiran Tanjung Paku kota Solok. Acara tersebut mengusung tema “ Mewujudkan Generasi Islam Berkarakter Mandiri dan Unggul “.

kegiatan ini dilaksanakan atas dukungan Bantuan Dana Dari Kementerian Agama RI kepada delapan MGMP PAI SMP se Indonesia yanh salah satunya MGMP PAI kabupaten Solok.

Bukhari,MA selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini secara serentak diadakan didelapan MGMP PAI SMP yang ditunjuk untuk melaksanakannya diseluruh wilayah indonesia, dan pelaporan kegiatan ini langsung dikirim melalui e-Mail Kasubdit PAIS Kementerian Agama RI pungkas Bukhari.

“Untuk menghadapi Era Four Point Zero atau yang disingkat dengan era 4.0 kita harus mempersiapkan Generasi Milenial yang tangguh sehingga siswa siswi akan memperoleh pendidikan Karakter dibawah bimbingan Ust. Dicky Asnur melalui Qualifiet Training Centre (QTC)”,ulasnya.

Lokasi ini lanjut Bukhari tempatnya sangat unik, berbentuk sebuah taman sehingga cocok untuk kegiatan-kegiatan training keagamaan disamping kegiatan wisata alam bagi masyarakat, dan Alasan lain pemilihan tempat ini sesuai arahan kementerian agama ketika melakukan MOU di Bogor, harus dilakukan dialam bebas sehingga mampu membuka inspirasi para peserta imbuhnya.

“Peserta kegiatan kemah karakter berasal dari siswa utusan SMP se kabupaten solok dengan jumlah sebanyak 34 orang, adapun seluruh fasilitas ditanggung oleh panitia, diantaranya ATK, Konsumsi, Materi dan lain-lain, materi yang akan diterima oleh peserta disamping pembinaan karakter yang islami, peserta juga dibekali dengan keterampilan memanah, out bone, dan berbagai macam Game yang bermuara kepada pembentukan karakter siswa”,pungkasnya.

BACA JUGA  Tragedi 9 Penambang di Solsel, Lubang Galian Bekas Tambang Zaman Belanda

Kepala Kementrian Agama Kota Solok H. Alizar dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan ini sangat penting diadakan untuk penanaman nilai nilai karakter islami kepada generasi muda islam karena keberadaan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tidak akan bisa kita tolak dan kita hindari, akan tetapi kemajuan itu mesti kita siasati , sebab kalau kemajuan kita tolak kita akan tertinggal ucapnya.

Kemudian Kakankemenag menambahkan Sesuai arahan kementerian agama RI, kegiatan ini diselenggarakan oleh guru PAI sebagai panitia inti yang diwadahi oleh MGMP, dan berkoordinasi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama dan Kasi PAIS Kemenag Kabupaten Solok.

“Kami berpesan kepada para peserta mudah mudahan akhir dari kegiatan ini akan melahirkan generasi yang berkarakter dan sukses, tidak menjadi generasi yang gagal, bahkan berantakan, sukses itu harganya sangat mahal, karena kesuksesan kita tidak hanya diukur dari sukses didunia saja akan tetapi juga sukses diakhirat, penyebab orang gagal adalah karena karakternya rusak, jika ingin anda menjadi orang sukses maka perbaikilah karaktermu,” tutupnya.

 

Acaranya dilanjutkan dengan pemasangan tanda peserta, dan materi-materi yang berhubungan dengan pembinaan karakter, yang disampaikan oleh pejabat pejabat Kementerian Agama Kabupaten Solok, dan trainer-trainer dari QTC.

reporter : Dedi Hermanto  editor : Moentjak

 

Facebook Comments

loading...