MTsN 2 Solok Jadi Role Model: Program Robotik Sukses Kembangkan Kreativitas Siswa

Koto Baru, SuhaNews – Siapa sangka, MTsN 2 Solok, muncul bibit-bibit unggul di bidang robotik. MTsN 2 Solok, yang awalnya hanya memiliki mimpi besar untuk mencetak generasi berilmu dan berteknologi, kini berhasil menorehkan prestasi membanggakan di tingkat Sumatera Barat dalam Hal Robotik.

Program robotik yang diluncurkan pada awal tahun 2022 oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Dr. H. Helmi, M.Ag, terbukti membuahkan hasil yang luar biasa. Dengan tekad bulat dan bimbingan yang tepat, siswa-siswi MTsN 2 Solok berhasil mengatasi berbagai kendala, termasuk kerusakan komponen robotik saat awal percobaan.

“Walaupun awalnya komponen-komponen robotik ada juga yang terbakar, dan hangus. Belajar dari kesalahan akhirnya Tim Robotik MTsN 2 Solok bisa menjadi juara satu dan tiga pada lomba robotik yang dilaksanakan di MAN 1 Bukittinggi Maret 2022,” ujar Wermayuda, S.PdI, pembimbing robotik MTsN 2 Solok.

Keberhasilan MTsN 2 Solok tidak hanya sekadar meraih juara. Lebih dari itu, program robotik ini telah memberikan banyak manfaat bagi siswa, di antaranya:

  • Meningkatkan kemampuan problem-solving: Siswa dilatih untuk mencari solusi atas berbagai masalah yang muncul dalam proses perakitan dan pemrograman robot.
  • Mengembangkan kreativitas: Siswa bebas berkreasi dalam merancang dan membangun robot untuk berbagai keperluan.
  • Menguasai teknologi terkini: Siswa diperkenalkan dengan teknologi robotik yang terus berkembang pesat.
  • Meningkatkan kepercayaan diri: Prestasi yang diraih telah meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi.

Prestasi gemilang terus diraih oleh Tim Robotik MTsN 2 Solok, yaitu Juara Satu Robotik Februari 2024 pada ajang Cosinus XV di MAN 1 Bukittinggi. Juara Favorit Robotik Februari 2023 Pada Ajang Cosinus XIV di MAN 1 Bukittinggi.Juara Satu dan Juara Tiga Robotik Maret 2022 pada ajang Cosinus XIII di MAN 1 Bukittinggi

BACA JUGA  Hebat, Tim Robotik MAN 1 Solok PK Raih Juara Tingkat Nasional

Robotik

Keberhasilan tersebut juga terus dikembangkan sampai saat ini dengan melaksanakan ekstrakurikuler Robotik setiap Sabtu. Dengan dibimbing oleh guru dan siswa MTsN 2 Solok.

MTsN 2 Solok juga berbagi ilmu dengan Madrasah yang ada, pada Januari 2023 MTsN 1 Pesisir Selatan melaksanakan Study Tiru Robotik ke MTsN 2 Solok.

Menurut kepala MTsN 2 Solok Erdinal, S.Ag Kami sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswi MTsN 2 Solok. “Ini membuktikan bahwa dengan kerja keras dan dukungan yang kuat, kita bisa berkompetensi Dengan Madrasah yang ada di Kabupaten Solok dan Sumatera Barat,” ujarnya

Semoga kedepan Madrasah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kementerian Agama Mewujudkan Madrasah Maju, Bermutu dan mendunia, Pungkasnya. Rahmat

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -