Mudik 2023, Tol Indralaya – Prabumulih Pilihan via Lintas Tengah Sumatera

SuhaNews – Pada musim mudik 2023 / 1444 H ini, jalan tol Trans Sumatera yang menghubungkan Indralaya dan Prabumulih telah beroperasi, sehingga memudahkan perantau untuk memilih jalur lintas tengah sumatera untuk menuju Sumbar dan sekitarnya.
Mudik 2023, Tol Indralaya - Prabumulih Pilihan via Lintas Tengah Sumatera 1
suasana ruas tol Lampung – Palembang

Evvi (44) pemudik dari Jakarta tujuan Solok kepada SuhaNews menuturkan, setelah menikmati perjalanan tol Lampung – Palembang, nanti di Indralaya masuk lagi tol Prabumulih dan keluar di Muara enim.

“Di indralaya masuk gratis, tapi pas keluar di Prabumulih perbatasan Muara Enim, bayar 13.500,” begitu bunyi pesan singkatnya ke SuhaNews.

Ia berbagi tips, untuk meleati tol ini pada sing hari, karena masih minim penerangan dan rambu serta pastikan BBM kendaraan dalam keadaan penuh karen rest area dan SPBu belum optimal.

Evvi dan keluarga yang berangkat dari Jakarta hari Jumat (14/4) lalu mengatakan, secara umum perjalanan lancar. Hanya saat hendak menyebarng di pelabuhan Merak harus mengantri hampir 3,5 jam baru naik kapal.

Selain tol Prabumulih / Muara Enim ini, pilihan lain untuk jalur lintas tengah adalah via Sekayu – Lubuk Linggau – Singkut – Bangko – Muaro Bungo – Sumatera Barat.

Pemudik banyak memilih jalur lintas Tengah atau Tengah Timur ini untuk menghindari macet dan jalan rusak di kawasan Tempino dan Muaro Bulian Propinsi Jambi.

Berikut panduan perjalanan bagi yang memilih jalur ini untuk menuju Sumatera Barat, dari Muara Enim menuju Lahat menempuh jarak lebih kurang 47 km. Sedangkan Lahat ke kota Lubuk Linggau sejauh 157 km.

Dua kota ini dulunya merupakan piliha tempat istirahat bagi pemudik maupun bus, beberapa rumah makan diantaranya yang legendaris di Lahat ada RM. Rantau Penantian, dan Sumbar Jaya. Sementara di Lubuk Linggau ada rumah makan Simpang Raya, Singgalang, Pagi Sore dan lainnya.

BACA JUGA  Korban Serangan Beruang Terima Bantuan Polres Sijunjung Peduli

Dari Lubuk Linggau perjalanan dilanjutkan menuju Sarolangun / Bangko dengan jarak tempuh 120 km, kemudian ke Muaro Bungo yang berjarak 75 km, lurus menuju Sumatera Barat, tepatnya Gunung Medan yang jaraknya lebih kurang 90 km.

Mudik 2023, Tol Indralaya - Prabumulih Pilihan via Lintas Tengah Sumatera 2
Truk derk yang disiagakan operatorl tol Trans Sumatera

Rumah Makan Umega di Gunung Medan menjadi pilihan tempat istirahat sebagain besar perantau begitu juga dengan bus-bus AKAP Sumbar Jakarta.

Jarak Gunung Medan menuju Solok sejauh 138 km. Dari Solok pemudik biasanya akan berbagi menuju berbagai kota dan daerah tujuan seperti Padang Panjang, Bukitinggi, Batusangkar, Payakumbuh hingga Pasaman.

Begitu juga ada yang tujuan Padang, Pesisir Selatan, Pariaman dan berbagai nagari di Kabupaten Solok Selatan maupun kabupaten Solok.

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -