Nagari Pasar Muara Labuh Serahkan BLT-DD

212
pasar
SuhaNews. Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan dilaksanakan acara Penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap I bulan April dan Mei tahun 2020 tepatnya di Depan kantor Wali Nagari Jumat (15/5) .

Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Solok Selatan, Armen Syahjohan, Tenaga Ahli Kabupaten, Pendamping Desa, Babinsa, babinkamtibmas, dan Tim Relawan Desa lawan Covid-19.

Acara Penyerahan ini langsung secara simbolis diberikan oleh beliau. Bantuan langsung tunai melalui dana desa ini berjumlah enam ratus ribu rupiah (Rp. 600.000,-) bagi setiap penerima setiap bulannya, dan akan diberikan selama tiga bulan yakni dari bulan April, Mei dan Juni. Semoga bermanfaat bagi menerimanya.

Dalam sambutannya Armen Syahjohan tetap memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang telah di buat oleh pemerintah.

Masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan kegiatan yang berkumpul dan untuk selalu jaga jarak agar bisa memutuskan penyebaran virus cofid 19.

Baca Juga :

“virusnya ini tidak kelihatan, kita harus pandai menjaga diri, jaga kebersihan, cuci tangan sebelum makan dan setelah beraktifitas di luar rumah. Virus corona ini penyakit yang berbahaya, jangan merasa hebat dan jangan di tantang,” ujarnya.

Beliau juga memberikan apresiasi kepada Efrizal, A.Md Selaku Wali Nagari Pasar Muara Labuh beserta Perangkat, karena telah bertindak cepat dengan menjadi Nagari pertama  yang telah menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) di Kabupaten Solok Selatan, sehingga hari ini menjadi Launching perdana penyerahan BLT DD untuk Kabupaten Solok Selatan.

ini bak ibarat mandi dipincuran, terang beliau, dengan telah diserahkan/ disalurkannya BLT – DD di Nagari Pasar Muara Labuh hari ini, maka nagari-nagari lain akan mengikuti selanjutnya.

“Kemudian dengan adanya penyaluran BLT – DD ini akan membangkitkan roda perekonomian untuk masyarakat Nagari Pasar Muara Labuh khususnya Solok Selatan umumnya”, ujarnya

Ada beberapa bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat untuk menghadapi dampak pandemi virus covid-19, diantaranya ada bantuan BLT DD, PKH, bantuan pangan non tunai (BPNT), data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). “Masyarakat sebagai penerima bantuan harus tahu bahwa hanya bisa menerima satu jenis batuan, tidak bisa double, ini disampaikan bupati agar tidak terjadi kesalahpahaman antara masyarakat penerima bantuan dengan pemerintahan desa,” tutupnya.

Sementara itu, Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Efrizal, A.Md mengucap syukur atas terealisasinya BLT Dana Desa di Nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. “Jumlah penerima adalah 144 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah dana yang disalurkan selama 3 (tiga) bulan Rp. 172,8 juta,” katanya.

“Alhamdulillah BLT-DD di Nagari Pasar Muara Labuh sudah diserahkan secara simbolis oleh bapak Wakil Ketua DPRD  Kab. Solok Selatan,” ujarnya.

Dikatakannya, BLT tersebut dapat disalurkan berkat kerjasama dengan pihak Bank Nagari Cabang Muara Labuh. penyalurannya cash/ tunai, nanti pihak Bank Nagari menunjuk karyawannya untuk menyerahkan secara langsung  di Kantor Wali Nagari.

Menurutnya, pemberian BLT-DD dilakukan dengan pemasangan stiker ditiap rumah warga yang menerima BLT Dana Desa. “ Insyallah dipastikan tidak ada penerima ganda, karena sudah ada stiker. Jadi, kalau stiker sudah ada maka warga tersebut tidak akan menerima bantuan lagi,” tutupnya.

Dan tak lupa pula beliau mengucapkan terima kasih kepada pihak Bank Nagari, karena penyaluran BLT DD ini terlaksana berkat kerjasama pemerintahan Nagari dengan pihak Bank Nagari. Karena penyalurannya secara cash/ tunai, nanti pihak Bank Nagari menunjuk karyawannya untuk menyerahkan dana tersebut secara langsung  di Kantor Wali Nagari.

Salah satu warga penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Budi Nugroho (50) mengaku bersyukur dan senang setelah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Alhamdulillah Pak, dengan bantuan ini bisa untuk mencukupi kebutuhan keluarga selama pandemi Covid-19,” jelasnya

editor : Lim sumber : Pasarmuaralabuh.Desa.Id

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...