Pembiasaan Literasi dan Numerasi Melalui AKM

Oleh: Hendrawensi, S.Pd (Guru SMPN 2 Kec. Suliki)
Pembiasaan Literasi dan Numerasi Melalui AKM 1
Hendrawensi
Rapor Pendidikan menampilkan hasil evaluasi sistem pendidikan yang mencakup hasil belajar siswa, proses pembelajaran, pemerataan kualitas layanan, kualitas pengelolaan sekolah, serta kualitas sumber daya manusia yang terlibat di sekolah.

Rapor Pendidikan berasal dari hasil Asesmen Nasional (AN), Data Pokok Pendidikan (Dapodik), sistem pendataan pendidikan yang dikelola Kementerian Agama (EMIS), Badan Pusat Statistik (BPS), aplikasi untuk guru dan tenaga kependidikan (seperti PMM, ARKAS, dan SIMPKB), Badan Akreditasi Nasional (BAN) serta Tracer Study (khusus data jenjang SMK).

Baca juga: Luar Biasa, Delta Rapor Pendidikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat

Rapor pendidikan tahun 2023 telah diterbitkan. Di dalamnya terdapat enam indikator yang dipertimbangkan, yaitu Kemampuan Literasi, Kemampuan Numerasi, Karakter, Iklim Keamanan Satuan Pendidikan, Iklim Kebhinekaan, dan Kualitas Pembelajaran.

Hasilnya diperbandingkan dengan hasil yang diperoleh pada tahun sebelumnya. Sebagai contoh, dibandingkan tahun 2023, kemampuan numerasi mengalami peningkatan paling tinggi diantara indikator lain. Dari keseluruhan capaian tahun ini, kemampuan numerasi menjadi indikator dengan pencaian terbaik.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk peningkatan Literasi dan Numerasi adalah dengan mengintegrasikan kegiatan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) kepada peserta didik dalam pembelajaran. Dalam penilaian juga bisa dilakukan, adapun jenis soal berbasis AKM yang digunakan meliputi pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

Hasil dari rapor pendidikan dapat digunakan sebagai salah satu indikator untuk mengevaluasi kinerja sekolah secara keseluruhan. Hasil dari rapor pendidikan dapat membantu sekolah dalam menilai efektivitas program dan kegiatan yang mereka jalankan.

Secara keseluruhan, rapor pendidikan  memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran, komunikasi antara semua pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan, serta pengembangan kualitas pendidikan ke arah yang lebih baik.

BACA JUGA  98 Murid RA Al-Qur'an Thawalib Peragakan Manasik Haji

Rapor Pendididikan perlu menjadi perhatian bagi satuan pendidikan. Begitu mengetahui Rapor pendidikan, satuan pendidikan perlu menganilis dan menentukan indikator yang menjadi skala prioritas untuk dibenahi.

Program pembenahan ini perlu disepakati oleh satuan pendidikan. Dengan adanya pembenahan ini, diharapkan kualitas pembelajaran dan asesmen semakin baik, begitu juga indikator lain yang dibenahi. Intinya, pembenahan ini dimaksudkan agar terjadi peningkatan rapor pendidikan tahun berikutnya.

Baca juga: Queenta, Gadis Tanah Datar Suarakan Pentingnya Pendidikan Islam Lewat Lomba Pidato Bahasa Inggris

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -