Pemko Sawahlunto Alokasikan Dana Insentif untuk Kader Posyandu

pemko
Sawahlunto, SuhaNews – Walikota Deri Asta menghadiri penilaian Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Rabu 27 Oktober 2021 di Posyandu Bunga Bangsa, Kelurahan Durian II, Kecamatan Barangin.

“Pemko Sawahlunto berkomitmen dalam mendukung kesehatan ibu dan anak. Masa depan Sawahlunto ditentukan oleh kesehatan ibu dan anak sekarang ini,” ujar Walikota Sawahlunto Deri Asta.

Baca juga: Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar 2021 Kunjungi Kota Solok

Dukungan kesehatan ibu dan anak dilakukan Pemko Sawahlunto melalui peningkatan sarana dan prasarana, dan pemberian anggaran insentif dan operasional sampai Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

“Posyandu di Sawahlunto sudah diintegrasikan dengan Bina Keluarga Balita (BKB) dan PAUD,” tambah Deri Asta.

Masa depan kota ini, jelas Walikota, ada di tangan anak – anak kita sekarang, Anak-anak itu tergantung bagaimana ibu merawat dan mendidiknya. Anak dan ibu ini adalah satu kesatuan, Pemko membantu ibu dan anak ini melalui Posyandu, BKB dan PAUD.

Walikota Deri Asta mengatakan bahwa untuk pihaknya memberikan operasional kader sebesar Rp200 ribu/orang/bulan. Kemudian untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) itu difasilitasi sebesar Rp7.500/anak/bulan.

“D ana BOP Posyandu disediakan minimal Rp1 juta/posyandu/tahun,” kata Walikota Deri Asta.

Sementara Kepala Dinsos PMD PPA Sawahlunto, Efriyanto mengatakan bahwa jumlah Posyandu yang telah terintegrasi BKB dan PAUD sebanyak 103 posyandu.

“Jumlah kader Posyandu dari 103 Posyandu ini adalah 525 orang. Kemudian kita juga memiliki 55 Posyandu Lansia, dengan jumlah kader mencapai 275 orang,” kata Efriyanto.

Kader Posyandu Bunga Bunga Bangsa yang dinilai Tim Provinsi adalah Lusi Oktrina, yang telah melakukan kegiatan inovasi sejumlah 26 kegiatan. Diantaranya ; pijat bayi, bank sampah, kantong pikumbang dan tas rajutan. (*)

BACA JUGA  Walikota Deri Asta: Pengembangan Wisata Puncak Sati Libatkan Pokdarwis
Baca juga: Kader Posyandu Berprestasi, Deliyarni Masuk 6 Besar Sumbar

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaWabup Irwan Fikri: 25 Nagari di Agam Laksanakan Pemilihan Wali Nagari
Artikel berikutnyaBKOW Sumbar Sambangi GOW Agam untuk Bersilaturrahmi