Pemko Sawahlunto dan PT. Bukit Asam Buka Akses Jalan ke Puncak Polan

pemko
SuhaNews  – Pemko Sawahlunto dan PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin bergotong royong membuka akses jalan ke lokasi lahan pertanian untuk membantu Kelompok Tani di kawasan Puncak Polan, Kecamatan Lembah Segar,

“Akses jalan yang dibuka telah mencapai 7 Km dari total panjang jalan sekitar 15 Km,” ujar Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama General Manager PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin, Yulfaizon.

Selain meninjau jalan usaha tani tersebut, Walikota Deri Asta bersama Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny. Meivyta Deri Asta, melakukan penanaman jahe merah.

Baca juga: Pasia Laweh, Agam Buka Jalan Usaha Tani Sepanjang 5,1 KM

Akses jalan ini, tambah Deri Asta, memang sangat dibutuhkan oleh Kelompok Tani di Puncak Polan dalam mempermudah dan meningkatkan mobilitas transportasi pertanian. Apalagi ada sekitar 350 hektar lahan yang dikelola 3 Kelompok Tani tersebut.

“Tanpa akses jalan, para petani kesulitan dalam membawa bibit maupun hasil panen dari lokasi lahan,” ujar Ketua Kelompok Tani Puncak Polan, Jamhur Sahur.

“Di Puncak Polan ini, jelasnya, varietas yang ditanam dan sudah mulai panen adalah karet (140 hektar), sawit (30 hektar), kelor (2 hektar), manggis, ubi/singkong dan jahe merah (1,5 hektar).

“Di sini ada 3 Kelompok Tani yang mengelola lahan ini, yaitu Puncak Polan dengan 24 orang anggota, Kubang Gajah dengan 12 orang anggota, dan Puncak Sarang Onggang dengan 20 orang anggota,” tutur Jamhur Sahur.

Dengan telah dibukanya akses jalan tersebut, Jamhur Sahur dan kelompoknya optimis hasil panen akan bisa meningkat karena petani dapat dengan mudah mengangkut bahan pertanian (bibit, pupuk maupun hasil panen.

Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan bahwa Pemko berkomitmen selalu hadir dan memberikan dukungan/bantuan pada pertanian.

BACA JUGA  Guru Honor di Danau Kembar Kab. Solok, Kembangkan Kopi Sigararutang

“Kelompok Tani di Puncak Polan ini sangat bersemangat dalam mengolah lahan di sini, meskipun dulu akses jalannya masih sulit namun sudah banyak yang berhasil ditanam, sampai sudah ada yang dipanen,” tambah Deri Asta.

Walikota Deri Asta menjelaskan bahwa Pemko Sawahlunto melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meminjamkan alat berat. Sementara PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin membantu dengan memberikan biaya operasional.

“Sebagai perusahaan di Sawahlunto ini, PT. Bukit Asam siap untuk bergerak membantu masyarakat dan Pemko Sawahlunto,” jelas Yulfaizon. (*)

Baca juga: Koto Panjang, Kabupaten Agam Buka Jalan Usaha Tani

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaBersilaturahmi dengan Bupati Andri Warman, TKSK Kabupaten Agam Minta Dukungan
Artikel berikutnyaKP-SPAMS Ranah Nagari Sungai Landia Optimis Terbaik di Agam