Pemko Sawahlunto Serahkan Bansos Kepada Warga Penderita Kanker Payudara

sawahlunto
Sawahlunto, SuhaNews – Ratna Suminar, warga Dusun Siambalau Desa Talawi Hilir, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, yang menderita penyakit kanker payudara menerima bantuan dari Pemko Sawahlunto, Selasa 7 Desember 2021.

“Ini merupakan bantuan sosial (bansos) tidak terencana untuk biaya berobat,” ujar Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-PMD PPA) Efriyanto.

Baca juga: Bansos Tahap 5, Padang Panjang Berikan Tambahan Biaya Kuliah Anak

Bansos diberikan berupa uang sebesar Rp3 juta yang ditransfer langsung ke rekening penerima. Penyerahan bantuan ini dihadiri oleh Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta,

Seperti biasa, jelas Efriyanto, berawal dari usulan masyarakat, kemudian disurvei oleh tim dari Bidang Sosial Dinsos-PMD PPA dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Ibu Ratna Suminar ini termasuk yang lolos verifikasi dan  dianggap layak dan perlu untuk dibantu biaya pengobatannya.

“Bansos dari Pemko Sawahlunto itu akan dimanfaatkan oleh Ratna Suminar untuk ongkos dan keperluan lainnya dalam berobat,” ujar Kepala Desa Talawi Hilir, Ferdian Irwan.

“Ibu Ratna Suminar ini sekarang sedang menjalani kemoterapi sebelum dioperasi. Jadi proses kemoterapi ini dilaksanakan di RSUD M. Djamil Kota Padang, sehingga untuk transportasi dan keperluan lainnya ke sana memerlukan biaya. Alhamdulillah dibantu mellaui bansos ini,” kata Ferdian.

“Bansos ini sebagai wujud kehadiran Pemko dalam meringankan beban masyarakat yang membutuhkan,” ujar Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.

Walikota berharap bansos yang disalurkan itu tepat sasaran, sehingga dalam penyalurannya itu ada prosedur dan regulasi yang harus dilengkapi. Ada survei dan verifikasi dari Bidang Sosial Dinsos-PMD PPA, kemudian untuk besaran nilai bantuan itu juga dengan kajian oleh pihak terkait.

Bansos tidak terencana yang telah disalurkan, jelas Kabid Sosial Dinsos-PMD PPA Yosrizal, sampai Oktober 2021 telah mencapai Rp75 juta, yang diserahkan kepada 18 orang penerima. (*)

BACA JUGA  Walikota Bukittinggi Buka Coaching Pengawas Silang UNBK

Baca juga: Dokter dan Tenaga Kesehatan Kota Sawahlunto Raih Prestasi Nasional dan Provinsi

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKomisi IV DPR RI dan Dirjen Kementan Akan Menguliti Program Kota Pariaman
Artikel berikutnyaLiga Champions: Ditekuk Liverpool 1-2, AC Milan Gagal ke 16 Besar