Pemuda Pelopor Kota Solok, Hendra Saputra Ikuti Bootcamp LINE Forum

Solok, SuhaNews – Pemuda pelopor dari Kota Solok, Sumatera Barat, Hendra Saputra, ikut berpartisipasi dalam kegiatan Local Leader in Empowerment (LINE) Forum yang diadakan oleh Dompet Dhuafa Republika 26-28 Juli 2023 di Yogyakarta.

Kegiatan LINE Forum ini menarik minat para local leader dan local championsdari berbagai wilayah di Indonesia. Dari 5380 Peserta yang mendaftar dan hanya dipilih 30 orang dari seluruh Indonesia, termasuk salah satunya Hendra Saputra.

Baca juga: Pemuda Pelopor Asal Agam, Fadli Rahmadi Terima Penghargaan Kemenpora RI

“Acara ini bertujuan untuk menciptakan kolaborasi yang sinergis dalam membangun pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang,” ujar Hendra Saputra.

Peserta LINE Forum akan tergabung dalam jejaring komunitas penggerak pemberdayaan dan wirausaha sosial sebagai ruang pengembangan diri dan kolaborasi antar local leader. Mengembangkan program pemberdayaan dan wirausaha sosial melalui kolaborasi multipihak untuk menguatkan dampak yang berkelanjutan.

Inisiatif ini merupakan bagian dari program Dompet Dhuafa yang didukung oleh Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Universitas Gadjah Mada.

Tujuan utama dari LINE Forum adalah untuk mendorong dan meningkatkan kapasitas para penggerak program pemberdayaan ekonomi dan wirausaha sosial di seluruh Indonesia, serta membuka ruang kesempatan bagi mereka untuk berkolaborasi dengan jejaring yang lebih luas.

Sebagai seorang pemuda pelopor, Hendra Saputra, yang telah dikenal sebagai pemuda inspiratif di Sumatera Barat, turut diundang ke acara ini untuk berbagi pengalaman dan prestasi dalam pemberdayaan masyarakat di daerahnya.

Ia memiliki pengetahuan mendalam dan kepedulian yang tinggi terhadap permasalahan kemiskinan yang dihadapi oleh masyarakat sekitarnya. Hendra juga memiliki gagasan kreatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang ada di masyarakat.

BACA JUGA  Pemuda Pelopor Asal Agam, Fadli Rahmadi Terima Penghargaan Kemenpora RI

Dalam sesi presentasi, Hendra memaparkan berbagai upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi masyarakat di Sumatera Barat khususnya Kota Solok.

Hendra Saputra dikenal sebagai Pemuda Pelopor yang mengembangkan usaha perternakan kambing dengan menghasilkan berbagai olahan produk dari susu kambing dan berhasil meraih juara tiga pada ajang pemilihan Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Sumatera Barat Bidang Pangan tahun 2019, dan kembali dua tahun berikutnya tahun 2020 dan 2021 meraih juara dua.

“Saya sangat terhormat dan bersemangat untuk dapat berbagi pengalaman dengan rekan-rekan Local Champions dari seluruh Indonesia dalam acara Line Forum ini,” ucap Hendra, Kamis (27/7).

Di Kota Solok, jelas Hendra Saputra, telah dilaksanakan berbagai program pemberdayaan masyarakat, terutama di bidang peternakan, ekonomi, dan kewirausahaan dengan dukungan dari berbagai pihak dan organisasi seperti Dompet Dhuafa Republika.

“Saya berharap pengalaman ini dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi upaya-upaya serupa di daerah-daerah lain,” tuturnya.

Line Forum Dompet Dhuafa Republika berfungsi sebagai wadah untuk bertukar pengalaman, berkolaborasi, dan mencari solusi bersama dalam memajukan pemberdayaan masyarakat di seluruh Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk para akademisi, pejabat pemerintah, dan pelaku usaha sosial yang peduli dengan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Pemuda Pelopor Kota Solok, Hendra Saputra Ikuti Bootcamp LINE Forum 1Peran Local Leader sangatlah vital dalam implementasi program-program pengentasan kemiskinan. Mereka menjadi kunci keberhasilan dalam mengubah konsep program menjadi tindakan nyata yang efektif dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat.

Para Local Leader lainnya bertugas untuk melakukan pendampingan dan memberikan bimbingan kepada masyarakat dalam mengembangkan potensi ekonomi dan wirausaha sosial mereka.

Hendra Saputra dan para Local Leader lainnya berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi langkah awal untuk terus memperkuat jaringan kerja sama dan kolaborasi guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif di Indonesia. (Ep/We)

BACA JUGA  Hendra-Mahyuzil Lengkapi Persyaratan, Perjuangan Balon Bupati Solok Belum Berakhir
Baca juga: Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 92, Sekda Amasrul: Pemuda Bisa Menjadi Pelopor Pembangunan

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -