Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 92, Sekda Amasrul: Pemuda Bisa Menjadi Pelopor Pembangunan

22
peringatan
SuhaNews. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang diwakili Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul menyaksikan jalannya upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 secara Nasional melalui Stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Dari Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Rabu (28/10/2020) Sekda Amasrul menyaksikan acara yang dipusatkan di Provinsi Papua Barat itu. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 juga diikuti oleh pemerintah daerah se- Indonesia secara virtual.

Turut hadir, Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Mursalim dan perwakilan organisasi kepemudaan (OKP) se Kota Padang.

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 (1928-2020) dari Istana Negara, Jakarta.

Dalam Pidatonya, Presiden menekankan, meski 92 tahun berlalu, semangat sumpah pemuda dalam diri harus terus menyala agar bisa menghadapi dunia yang penuh dengan persaingan.

“Dalam arus besar globalisasi yang sering terjadi adalah persaingan, baik antar negara dan individu. Tidak jarang kompetisi itu berujung pada upaya saling menyalahkan dan saling menghancurkan sehingga menimbulkan energi negatif. Sumpah Pemuda harus menjadi energi positif yang menyatukan persaingan dan perbedaan tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, bangsa Indonesia harus terus dirawat dan dijaga dengan mengedepankan semangat solidaritas dan rasa persaudaraan. “Tidak ada Jawa, tidak ada Sumatera, tidak ada Sulawesi, tidak ada Papua, yang ada adalah saudara sebangsa dan setanah air,” jelasnya lebih lanjut.

Orang nomor satu di Republik Indonesia itu juga mengajak segenap anak bangsa untuk bekerjasama membangun Indonesia secara adil dan merata, membangun Indonesia sentris yang dimulai daerah pinggiran, dari desa dari pulau terdepan hingga perbatasan.

“Dengan pembangunan yang merata dan berkeadilan maka masyarakat berbagai wilayah merasa menjadi bagian dari Indonesia, merasa memiliki Indonesia serta ikut berkontribusi untuk memajukan Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul sewaktu ditemui mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang tentunya ikut mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda ke-92 di tahun 2020 ini.

Ia berharap, melalui momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 92 kali ini dapat menjadi pemicu semangat terutama bagi generasi muda untuk memajukan bangsa Indonesia ke depan.

“Sebagai penerus bangsa dan menjadi pemimpin masa depan, pemuda harus bisa menjadi pelopor pembangunan di daerahnya. Pemuda juga harus siap meneruskan estafet kepemimpinan bangsa,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diumumkan Pemenang Lomba Pemuda Pelopor Tahun 2020, yakni, Juara I Zepriskianto (Pelopor Bidang Pangan) Utusan Kecamatan Pauh, Juara II Oktavio Lina (Pelopor Bidang Sosial) Utusan Padang Barat dan Juara III M.Toha (Pelopor Bidang Sumber Daya Alam) Utusan Kecamatan Lubuk Kilangan. Rel Lim

Baca juga :

Facebook Comments

loading...