Pengelola Homestay dan Pondok Wisata Sijunjung Ikuti Pelatihan

homestay
Sijunjung, SuhaNews – Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka Pelatihan Usaha Homestay  atau Pondok Wisata, Senin (1/8/22) di Hotel Bukik Gadang, Muaro Sijunjung. 

Bupati Benny Dwifa Yuswir mengatakan bahwa saat ini perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Sijunjung sudah mulai meningkat. Wisatawan  sudah mulai berdatangan ke objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Sijunjung, baik objek wisata alam, buatan, budaya dan sejarah.

Baca juga: 94 Homestay dan Rumah Warga di PPT Disiapkan untuk Kafilah MTQ

“Kunjungan ini berdampak terhadap peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan lapangan kerja, peningkatan ekonomi dan kreatif termasuk peningkatan jumlah homestay,” ujar Benny Dwifa Yuswir.

Pemda telah menghimbau perangkat daerah untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dinas, di objek wisata yang ada di Kabupaten Sijunjung sekaligus menginap di homestay setempat, termasuk makan dan berbelanja di daerah setempat.

“Kita buktikan dengan diadakannya Rakor Pemda di 2 objek wisata yaitu Silokek dan Bukit Malaikat,” tambah Benny Dwifa Yuswir.

Baca juga:Nagari Kamang Masuk 5 Besar SIDETA 2022 Tingkat Sumbar

Hal ini diharapkan akan semakin membuka interaksi masyarakat pengelola objek wisata dengan pengunjung dan pemerintah daerah.

]Selain itu suksesnya beberapa event di dalam negeri maupun luar negeri seperti Desa Wisata Silokek masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata 2022, Desa Wisata Kamang masuk 5 besar apresiasi desa wisata Sumatera Barat tahun 2022, Festival Mesra (Multi Etnik Nusantara Art Festival), dan Festival Matrilineal.

“Saat ini kita mempersiapkan Geopark Silokek menuju Unesco Global Geopark. Ini juga butuh dukungan kita bersama,” ujar Benny.

Afrinaldi Kadis Parpora menyampaikan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pengelolaan pariwisata dan pengembangan wisata di Kabupaten Sijunjung, khususnya para pengelola Homestay/Pondok Wisata.

BACA JUGA  Bupati Benny Dwifa Yuswir Buka Acara Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Sijunjung

Peserta pelatihan ini terdiri dari Nagari Sijunjung 10 orang, Nagari Silokek 7 orang, Nagari Sumpur Kudus 6 orang, Nagari Kamang 7 orang, Nagari Aie Angek 5 orang, Nagari Sisawah 5 orang dengan jumlah peseta sebanyak 40 orang.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 1 -3 Agustus 2022 dan dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten Sijunjung Ny. Riri Benny Dwifa. (Darwen)

Baca juga: Wawako Solok Kukuhkan Persatuan Hotel, Restoran, Homestay dan Pondok Wisata Kota Solok

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKPU Kab Solok Lakukan Sosialisasi Peraturan KPU No. 4 Tahun 2022
Artikulli tjetërBupati Solok Buka MTQ Nasional tingkat Kecamatan Danau Kembar