Pengendalian Resiko Bencana, Padang Pariaman Gelar Pelatihan Destana

padang
Parit Malintang, SuhaNews – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menggelar Pelatihan Desa Tanggap Bencana untuk Nagari Seulayat Ulakan dari BPBD Padang Paraiaman di Kantor Kecamatan Ulakkan Tapakis, Selasa (2/11). 

“Program desa tangguh bencana merupakan salah satu program nasional bertujuan memperdayakan masyarakat desa ataupun kelurahan dalam mengenali, mengurangi, dan mengendalikan risiko bencana yang terjadi,” uar Bupati diwakili Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Rudi Rahmad, SE., MM.

Baca juga: Serahkan Bantuan Bencana, Wabup Agam: Waspadai Cuaca Ekstrem

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Padang Pariaman, Camat Ulakan Tapakih, Unsur Forkopimca dan Undangan Lainnya.

Destana (Desa Tanggap Bencana), jelasnya, merupakan salah satu indikator kinerja utama pada RPJMD Padang Pariaman 2021-2026.

“Terpilihnya Nagari Seulayat Ulakan karena terletak di pesisir pantai yang merupakan daerah rawan bencana,” jelas Rudi Rahmad.

Tidak ada yang mengharapkan bencana itu datang, jelas Rudi Rahmad, tetapi kita harus selalu siap, seakan-akan bencana itu datang setiap waktu,.

“elatihan Destana ini sangat penting bagi semua Nagari terutama nagari termasuk salah satunya nagari seulayat Ulakkan ini” Ujar Rudi Rahmad.

Dengan dibentuk sebagai desa tangguh bencana, jelas Rudi Rahmad, diharapkan desa dapat mengalokasikan dana desa untuk program penanggulangan bencana sesuai dengan kebutuhan desa tersebut.

padang“Ini merupakan amanat Permendesa PDTT No 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa di mana kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dan konflik sosial,” tambah Rudi Rahmad.

Program Destana, tambahnya, merupakan amanat Permendesa PDTT No 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dimana kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dan konflik sosial, serta penanganan bencana alam dan bencana sosial juga merupakan prioritas dalam penggunaan dana desa” tutupnya. (*)

BACA JUGA  Camat Matur Resmikan PPKT Kolam Ikan Air Tawar di Nagari Lawang
Baca juga: Mensos RI Kunjungi Lokasi Bencana Pasia Laweh dan Ulakan Tapakis

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaBupati Padang Pariaman Hadiri Pelantikan Pengurus IKTOB se-Jabodetabek
Artikel berikutnyaPeduli Covid-19, Mahasiswa UNRI KKN di Kapau Sosialisasikan Prokes