Percepat Tranformasi Ekonomi, Bupati Solok Buka Musrenbang tahun 2023

Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar membuka Musrenbang tahun 2023 dengan tema Mempercepat Tranformasi Ekonomi melalui sektor Pertanian, UMKM, Perdagangan dan Pariwisata secara Inklusif dan Berkelanjutan, Senin, 20 Maret 2023 di Gedung Solok Nan Indah Arosuka.

Musrenbang ini diikuti oleh Forkopimda, Pimpinan DPRD, Sekda Kab. Solok Medison, Ka. TP PKK Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, Asisten I Syahrial, Asisten II Deni Prihatni, Asisten III Editiawarman, Staf Ahli Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Eva Nasri, Staf Ahli Pemerintahan, kemasyarakatan dan SDM Mulyadi Marcos, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari.

Baca juga: Kunjungi Desa Mojorejo, Ketua DPD RI Siap Dorong Hasil Musrenbang Madiun

Panitia Pelaksana,  yang juga Plt. Ka. Bapelitbang Nafri melaporkan bahwa RKPD tahun 2024 merupakan RKPD tahun ke-3 pelaksanaan RPJP Kab. Solok tahun 2021-2026.

“Acuan dalam penyusunan RKPD tahun 2024 adalah Evaluasi capaian kinerja tahun 2022 dan  perintah pembangunan Nasional dan isu-isu strategis yang berkembang saat ini dan juga prediksi masa mendatang baik di daerah, regional, nasional maupun global,” ujar Nafri.

Penyusunan RKPD tahun 2024, telah dimulai dari rangkaian sebagai berikut Pelaksanaan Musrenbang di Nagari pada bulan September tahun 2022, Pelaksanaan Musrenbang pada tingkat Kecamatan pada bulan Februari 2023, Pelaksanaan Forum perangkat daerah pada tanggal  6  s/d  10 Maret 2023, dan Penelaahan kepada Pokok pokok pikiran DPRD pada 27 Februari-3 Maret 2023.

“Musrenbang RKPD tahun 2023 ini untuk ematangkan rancangan RKPD tahun 2024 menjadi rancangan akhir RKPD,” tambah Nafri.

Baca juga: Wakil Bupati Sijunjung Buka Musrenbang RKPD Kecamatan IV Nagari

solokDi sampig itu, untuk menyinergikan intervensi berbagai pihak, berbagai sektor dan tingkatan pemerintah dalam penanganan isu isu strategis dan merupakan media konsultasi publik bagi segenap pemangku kepentingan untuk mendukung implementasi program dan kegiatan.

BACA JUGA  Bupati Solok Epyardi Asda Hadiri Gebyar Penimbangan Massal

Bupati Solok Epyardi Asda mengatakan bahwa Proyeksi tahun 2024, APBD Kab. Solok lebih kurang Rp1.418 Triliun. Yang terdiri atas pendapatan asli daerah dengan proyeksikan  Rp91 Milyar berdasarkan RPJMD, pendapatan transfer Rp1.270 Triliun dan lain lain Rp56 Milyar.

“Dalam rangka meningkatkan PAD, kita akan menambah satu Kepala Bidang (Kabid) di Badan Keuangan Daerah yang tugasnya adalah untuk mendata semua potensi untuk bisa meningkatkan PAD Kab. Solok, karena selama ini kita belum maksimal dalam dalam pelaksanaannya,” ujar Epyardi Asda.

Bukan hanya PBB, tambah Epyardi Asda, pungutan pajak retribusi dan lainnya, seperti penginapan yang sudah banyak tumbuh, bahkan sudah dibangun 5 tahun yang lalu, tapi tidak kita pungut retribusinya.

“Ke depan, kita akan menjadikan Kabupaten Solok ini sebagai daerah wisata, bukan hanya sekedar pertanian,” tambah Epyardi Asda.

Untuk mendukung hal ini, tambah Bupati, infrastruktur harus bagus. Bupati meminta Camat dan Wali Nagari agar bekerjasama untuk mewujudkan hal tersebut.

“Terkait dengan data Kemiskinan, saya minta Wali Nagari yang dikoordinir oleh Camat untuk meyerahkan segera data masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan by name by addres,” pinta Epyardi Asda.

“Saya berharap pada 2024-2025, InsyaAllah angka kemiskinan Kabupaten Solok paling rendah di Sumatera Barat,” harap Epyardi Asda.

Jika saat ini 7%, ke depannya kita usahakan di bawah 2%. Diminta kerjasama dengan Baznas dan melibatkan perantau untuk menuntaskan kemiskinan tersebut.

Saya juga telah bicara dengan ibu Athari, Anggota DPR RI, tambah Epyardi Asda, ada  program bedah rumah sebanyak 2000 unit se-Sumatera Barat.  Kita usahakan 1000 unit untuk Kabupaten Solok, yang akan diprioritaskan untuk masyarakat kurang mampu.

Pada Tahun 2023 ini, urai Epyardi Asda, akan ada program Inpres dari Presiden Joko Widodo, melalui Dirjen Binamarga Kementerian PU bahwa Pemda boleh mengusulkan jalan Kabupaten.

BACA JUGA  Bagikan Takjil, DWP Kemenag 50 Kota Berbagi dengan Sesama

“Anggota DPR RI Ibu Athari juga mengusulkan Rp50 Milyar dari Rp100 Milyar yang dialokasikan untuk Pembangunan Jalan Kabupaten Solok,” papar Epyardi Asda. (Wewe)

Baca juga: Wakil Bupati Sijunjung Buka Musrenbang RKPD Kecamatan IV Nagari

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -