Peresmian Gedung Workshop BLK Komunitas Ponpes Waratsatul Anbiya’ Dihadiri Wawako Solok

per
Solok, SuhaNews – Wakil Wali Kota Solok Dr.Ramadhani Kirana Putra  menghadiri peresmian gedung workshop Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Waratsatul Anbiya’  Ampang Kualo, Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok, Kamis (4/3).

Peresmian gedung BLK ditandai dengan pengguntingan pita oleh Anggota Komisi IX DPR RI Drs.H.  Darul Siska, didampingi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Hardinalis Kobal, Pimpinan Pondok Pesantren Waratsatul Anbiya’ Tengku Dalmarison, Pembina Ponpes Waratsatul Anbiya’ Dr.Helwi, perwakilan Forkopimda Kota Solok, Kemenag Kota Solok, Kepala BLK Padang, Kepala BUMN, BUMD serta undangan lainnya.

Baca juga: Berdiri Sejak 1930, MA KMM Padang Panjang Rayakan Milad ke 91

“Ponpes Waratsatul Anbiya’ saat ini telah berkembang cukup pesat meskipun masih berusia cukup muda,” ujar Darul Siska.

Di Pontren ini, jelas Darul Siska, para santri diberikan pendidikan ilmu umum, ilmu agama, dan ilmu beladiri.   Dengan berfungsinya BLK ini, komplit sudah kompetensi lulusan Waratsatul Anbiya’.

Pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, jelas Darul Siska, sedang menggalakkan pembangunan BLK Komunitas yang disiapkan untuk anak didik generasi penerus yang berkompeten dan berpotensi untuk terjun ke masyarakat.

“Di saat pandemi Covid-19 ini, banyak  pengangguran  baru karena di PHK. Diharapkan dengan banyaknya BLK Komunitas akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan,” harapnya.

Sementara Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra mengatakan bahwa BLK Komunitas adalah suatu unit atau fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, dan komunitas lainnya. BLK komunitas ini, berfungsi untuk menyelenggarakan pelatihan kompetensi/keahlian, guna memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan komunitas masyarakat di sekitar lembaga, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong untuk berwirausaha.

BACA JUGA  Kemenag Bukittinggi Siap Terapkan Aplikasi Simas

“Terobosan ini bertujuan untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan atau hard skill,” ujar Ramadhani Kirana Putra.

perPendirian BLK Komunitas, paparnya, adalah upaya meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja, serta mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas.

“Balai Latihan Kerja dapat menjadi langkah efektif dalam mengatasi pengangguran dan meningkatkan kompetensi tenaga kerja di daerah,” tambah Ramadhani Kirana Putra.

Dengan adanya BLK, tambah Wakil Wali Kota, diharapkan jebolan pesantren tidak hanya terdepan dalam bidang ilmu agama, namun juga dalam ilmu, penguasaan tekhnologi dan keterampilan lainnya. (*/Wewe)

Baca juga: Kemenag Gandeng Kementerian dan Lembaga Kembangkan Ekonomi Pesantren

Facebook Comments

loading...