Perkuat Peran Niniak Mamak dan Bundo Kanduang, KAN Panyakalan Gelar Workshop

Perkuat Peran Niniak Mamak dan Bundo Kanduang, KAN Panyakalan Gelar Workshop
Workshop KAN Panyakalan
Panyakalan, SuhaNews. Dipenghujung 2019, KAN Panyakalan mengadakan pembekalan bagi Niniak Mamak dan Bundo Kanduang melalui workshop. Acara ini digelar di Rumah Pintar Panyakalan Senin (30/12).

Ketua KAN Panyakalan A.E DT Bandaro Kayo dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh 56 peserta yang terdiri dari Ninik Mamak anggota KAN dan Bundo Kanduang. Tujuannya untuk penguatan pemahaman akan peran dan tugas Ninik Mamak dan Bundo Kanduang dalam melestarikan Adat Istiadat dalam nagari.

Dijelaskannya acara ini dibagi dalam dua sesi yakni materi dan tanya jawab dengan nanarumber Musra Dahrizal Katik Rajo Mangkuto atau Mak Katik dan Reflidon Dt. Kayo sekretaris LKAAM Kab. Solok.

Pada sesi pertama sebagai pembicara Musra Dahrizal Katik Rajo Mangkuto atau Mak Katik yang merupakan seorang budayawan Minang menyampaikan bahasan dengan tema “Tupoksi Niniak Mamak dan Bundo Kanduang dalam adat sapamatang panjang Adat dan Agama tidak bisa di pisah kan “Syara’mangato adat mamakai” itu tercermin dalam prilaku seorang Niniek Mamak dan Bundo Kanduang.

Dalam kesempatan tersebut Mak Katik juga membahas adat di Minang Kabau ada empat yakni Adat nan sabana adat, Adat nan taradat, Adat istiadat dan Adat yang di adatkan.

Sedangkan sesi kedua tampil sebagai narasumber Reflidon  Dt. Kayo yang juga Sekretaris LKAAM Kabupaten Solok menyampaikan bahasan dengan tema “Peran Niniek Mamak dalam hubungan Adat,Agama dan Pemerintahan di Nagari”.

Dalam Pemerintahan di Minang Kabau di kenal istilah Tungku tigo Sajarangan yang terdiri dari unsur Pemerintah, Ulama dan Adat, yang berperan dalam menjalin dan membuat kekuatan bersama untuk menghambat gerakan yang merusak syarak serta menegakkan keadilan dikalangan anak nagari sesuai tuntunan syarak.

BACA JUGA  Kemenag Bukittinggi Gelar Pembinaan ASN

Dalam acara ini seleian materi juga didiki dengan disikusi, para  pesertapun antusias mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Sebagaimana diungkapkan Ketua Bundo Kanduang Hj.Rifaitma SPd. yang mengatakan kalau kegiatan ini tiap tahun diadakan guna meningkatkan motivasi kepada pemangku adat di Nagari terutama Bundo Kanduang agar tahu tugas dan fungsi nya.

reporter : Oca  editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaH.Alizar: Tahun Baru Momentum Perkuat ABS SBK Pada Generasi Muda
Artikel berikutnyaHaryenti Kembali Terima Anugrah Atas Karyanya