Pertahankan Tradisi, Masyarakat Nagari Latang, Lubuk Tarok Berkaul Adat

Sijunjung, SuhaNews – Dalam rangka mempertahankan tradisi, Nagari Latang, Kecamatan Lubuak Tarok, Kabupaten Sijunjung mengadakan acara Berkaul, Senin (31 Juli 2023) di Jorong Tanjuang Korong. 

Acara Berkaul Adat ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah, Anggota DPRD Desriwan, Kepala OPD terkait, Camat Lubuak Tarok, Wali Nagari se Kecamatan Lubuak Tarok, KAN, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan masyarakat Nagari Latang.

Baca juga: Bupati Sijunjung Hadiri Berkaul Adat Nagari Sungai Lansek

“Kami sangat bangga dan senang acara berkaul adat ini tetapdipertahankan,” ungkap Wakil Bupati Iraddatillah.

Pemkab Sijunjung, jelas Iradatillah, akan berupaya memenuhi apa yang menjadi program pembangunan di Nagari Latang ini. Akan diupayakan dan akan kita bangun secara bersama–sama.

Dalam menghadapi tahun politik inji, tambah Iradatillah, dihimbau masyarakat untuk tetap mempertahankan kekompakan dan silaturrahmi serta rasa kekeluargaan yang terjalin erat hari ini,”imbaunya.

Wali Nagari Latang Jon Aprizal menjelaskan, kegitan ini merupakan puncak wujud syukur dari hasil yang diluapkan oleh masyarakat atas berkat dan karunia dari Allah SWT atas hasil panen hasil pertanian yang diberikan.

“Tradisi Berkaul adat seusai panen padi setiap tahunnya, adalah salah satu pusako yang diwarisi secara turun temurun. Kegiatan ini terselenggara berkat iuran dari hasil panen anak cucu kemanakan yang ada di Kenagarian Latang,” ujar Jon Aprizal. Ven/We

Baca juga: Wagub Sumbar Hadiri Bakaul Adat Sudah Tuai di Nagari Silantai

Facebook Comments

BACA JUGA  Wakil Bupati Sijunjung Kunjungi Masjid Akbar Nagari Aie Angek
- Advertisement -
- Advertisement -