Pertama di Sumbar, Jorong Sitapung, Ampek Angkek, Agam Pasang Puluhan CCTV

jorong
Sitapung, SuhaNews – Perantau Sitapung, Nagari Balaigurah, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, yang bersatu dalam wadah Gabungan Masyarakat Perantau Sitapung (GMPS) sumbangkan 43 kamera pengawas (CCTV) untuk menjaga keamanan lingkungan di kampung halaman.

“Sedikitnya ada 43 kamera pengawas terpasang di seputar Jorong Sitapuang,” ujar Sesepuh GMPS, Nasril ST. Batuah.

Ini sebagai wujud kepedulian terhadap keamanan kampung halaman. CCTV itu dipasang di titik-titik sentral di semua dusun di Sitapung.

Baca juga: Walikota Dialog dengan KBKS Jaya, Gandeng Perantau Bangun Kota Solok,

“CCTC itu dipasang di tiang-tiang listrik, fasilitas umum dan rumah-rumah warga,” ujar Nasril ST. Batuah. Jumat (28/5) sebagaimana dirilis AMCNews.

Semula katanya, kamera CCTV itu sengaja dipasang demi mengobati rasa rindu di perantauan. Belakangan manfaatnya justru menghadirkan kenyamanan dan keamanan lingkungan.

“Semenjak adanya CCTV, kami yang lareh di tanah rantau telah bisa memantau keseharian kampung halaman cukup lewat android yang dilengkapi link akses,” tambah Nasril ST. Batuah.

Perantau, jelasnya, dapat bersua dengan karib kerabat lewat layar atau bahkan hanya untuk melihat rumah mandeh kami. Alhamdulillah, ternyata juga bermanfaat terhadap cipta kondisi kamtibmas di kampung,” kata Nasril yang saat ini menjabat Ketua Pembina GMPS itu.

Keberadaan CCTV itu, jelasnya, mendapat respon yang baik dari banyak pihak. Bahkan pihak kepolisian Sektor IV Angkat Canduang menilai Sitapung merupakan wilayah pertama di Sumbar yang memiliki banyak kamera pengawas untuk tingkat jorong.

“Kami turut senang karena berbagai pihak memuji, mulai dari pemerintah nagari, jorong, tokoh masyarakat hingga pihak kepolisian. Beberapa kali bahkan rekaman CCTV di sini sudah dipakai untuk keperluan sebuah tugas penyelidikan bagi aparat berwajib,” beber Nasril, diamini Ketua Bamus Nagari Balaigurah, Umaidi ST Marajo, Wali Jorong Sitapung, Mufidatul Hasanah dan tokoh masyarakat setempat, Edianto Rang Kayo Sutan.

BACA JUGA  Covid-19 Kabupaten Solok: 13 Warga Terkonfirmasi, 4 Sembuh

“Puluhan kamera CCTV itu sudah berfungsi di Sitapung sejak akhir Maret 2021 lalu,” ujar Wali Jorong Sitapung, Mufidatul Hasanah.

Fasilitas ini merupakan hibah Yayasan Pelita Ma’arif di Jakarta yang diperoleh anak-anak muda GMPS,  lalu disalurkan ke kampung halaman.

“Selama enam bulan pasca dioperasionalkan, perawatan dan pembiayaan jaringan CCTV itu masih akan ditanggung yayasan tersebut dan setelahnya dikelola mandiri oleh pihak jorong dibantu GMPS,” tambah Wali Jorong Sitapung, Mufidatul Hasanah.

Nasril berharap, pemuda GMPS maupun di kampung tetap memelihara semangat persatuan membangun tanah kelahiran.

Saat ini, tambah Nasril ST. Batuah, pemuda GMPS sedang merintis pembentukan sebuah yayasan untuk memajukan sektor pendidikan di Sitapung seperti membangun pesantren.

“Semoga program ini bisa  terealisasi,” harap Nasril, didampingi perwakilan pemuda GMPS, Jefri dan Anata Fitrido. (*/We)

Baca juga: Wabup Tanah Datar Serahkan Bantuan Bencana untuk Perantau di Kalsel dan Sulawesi Barat

Facebook Comments

loading...