Pesona Nagari Tuo Pariangan, Desa Terindah di Dunia

237
desa
Kawa Daun. minuman tradisional yang dijumpai di nagari tuo Pariangan

Kalau Anda berselancar di internet dengan kata kunci Desa Terindah di Dunia, maka satu satunya desa di Indonesia yang masuk kategori terindah adalah Nagari Tuo Pariangan.

desa

Ya, kalau di Sumatera Barat, pemerintahan terdepan itu namanya nagari, bukan desa. Soal ini bisa mungkin ada kesempatan lain membahasnya. Atau bisa dibaca banyak referensi. Saya pernah menulis beberapa topik di Kompas tahun 1990an, ketika Sumatera Barat kembali ke pemerintahan nagari.

Soal nagari terindah ini, saya sudah bekali kali bawa tamu menikmati pesona alam yang tiada duanya. Terakhir, Jumat (3/7/2020) kemarin.

Berada di lereng Gunung Marapi pada ketinggian 500-700 MDPL, Nagari Terindah ini dijuluki nagari tuo (tua) karena menurut Tambo Minangkabau, merupakan daerah/nagari tertua di Minangkabau. Ada sekitar 700 nagari di Sumatera Barat, yang tersebar di 18 kabupaten/kota. Kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai.

desa

Apa yang bisa dinikmati kalau Anda ke sini? Banyak sekali. Antara lain ada api abadi, ada air terjun, ada surau tertua, rumah gadang tertua, ada kuburan panjang yang setiap kali diukur panjangnya berubah-ubah. Untuk membuktikan sila ke sini.

Kemudian juga ada kawasan persawahan yang berundak undak, bertinkat-tingkat. Ada minuman khas Kawa, warisan sejak zaman Belanda, yakni minuman yang berasal dari rebusan daun kopi yang disangai (diasapi sampai kering) lalu dihidangkan dengan sayak, tempurung kelapa. Sensasinya, wuih…..mantap, apalagi dinikmati saat hangat di lokasi yang berhawa sejuk dan dingin. Tambah kawa nyo, da….

desa

Pokoknya tak kalah dengan desa lain mana pun, terindah di dunia lho…

Oiya, saya beberapa tahun lalu berhasil menemukan keberadaan kumbang kepik emas yang sudah langka. Kepik emas adalah kumbang terindah tercantik di dunia. Bagi fotografer sila berburu foto di sini. Saya, beruntung bisa menemukannya. Anda cari di google tak banyak foto tentang kumbang langka dan terindah di dunia itu. Bersyukur saya bisa memotretnya dulu.

Ini sebagian foto yang saya bagikan untuk Anda. Biar, anda bisa agendakan berlibur ke Nagari Tua Pariangan, Kabupaten Tanahdatar, Provinsi Sumatera Barat.

Catatan Yurnaldi
Traveler, Penulis Terbaik dan Peraih Pesona GMT Award dari Kementerian Pariwisata, 2016.

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...