Pj. Bupati Audiensi Dengan Dirjen PDP Bahas Usulan Pemrakarsa Pemekaran Desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai

SuhaNews – Pj. Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjutak, S.St.,Pi.,M.Pi audiensi dengan Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan ( Dirjen PDP), Sugito, S.Sos.,M.H. Terkait usulan pemrakarsa pemekaran desa yang ada di Kepulauan Mentawai, di Gedung Utama Dirjen PDT Kalibata, Jakarta, Selasa (02/04).

Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan , Sugito, S.Sos.,M.H memaparkan bahwa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dapat memprakarsai usulan pembentukan desa di kabupaten Kepulauan Mentawai. Apabila masuk dalam Kawasan Khusus dan Strategi Nasional dengan menyesuaikan peraturan yang berlaku dan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri.

Pertemuan antara Pj.Bupati Kepulauan Mentawai dengan Dirjen PDP bertujuan untuk mendiskusikan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan pemekaran desa agar dapat memberikan dampak positif dalam pemberdayaan masyakat setempat serta pengembangan potensi wilayah secara keseluruhan.

Bupati

Dalam audiensi yang di hadiri juga oleh Ketua DPRD Kepulauan Mentawai ( Yosep, S.SAk), Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat ( Jufri Nelson Siregar, S,Sos.,M.Si), Asisten Perekonomian dan Pembangunan ( lahmuddin, SKM, S.IP.,M.IP ), Kadis DPOMDP2KB (Nicholaus Sorot Ogok, S.H.,M.Si). secara intensif membahas berbagai aspek terkait pemekaran desa, termasuk proses administratif, potensi ekonomi, serta dampak sosial yang mungkin timbul. kedua belah pihak sepakat bahwa pemekaran desa harus dilakukankan dengan cermat dan memperhatikan berbagai faktor yang terkait, guna memastikan bahwa kepentingan masyarakat setempat tetap terjaga dan terjamin.

Salah satu poin utama yang di bahas adalah upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal serta meningkatkan kemandirian ekonomi di desa-desa yang akan dimekarkan .

“ Pemerintah Daerah berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dalam proses pemekaran desa ini, dengan memperhatikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat setempat.” Ucap Pj. Bupati.

Selain itu, pertemuan ini juga menjadi momentum bagi Pj.Bupati dan Dirjen PDP untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang mungkin di hadapi dalam implementasi pemekaran desa.

BACA JUGA  Dilaunching Gubernur, KMP Tanjung Burang Layani Rute Padang-Mentawai

“ Pemerintah Daerah dan Dirjen PDP sepakat untuk terus berkoordinasi dan bekerjasama dalam upaya mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Mentawai” Ujar Pj.Bupati lagi.

Lebih lanjut Pj.Bupati menyampaikan Audiensi ini antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan mentawai dan Dirjen PDP ini menandai langkah awal yang penting dalam proses pemekaran desa, yang diharapkan akan membawa dampak positif bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kepulauan Mentawai. (yy,ng).

Baca Juga : Pj. Bupati Mentawai Sampaikan Orasi Ilmiah Pada Acara Wisuda UNP ke-134

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -