Pj. Bupati Mentawai Sampaikan Orasi Ilmiah Pada Acara Wisuda UNP ke-134

SuhaNews – Pj.Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St.,Pi.,M.Pi memberikan Orasi Ilmiah yang bertemakan Potensi dan Tantangan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Kepulauan Mentawai pada acara Wisuda UNP ke – 134, yang bertempat di Auditorium UNP, Minggu, (31/03).  orasi orasi orasi

Dalam Orasinya Pj.Bupati memaparkan tentang Kepulauan Mentawai secara umum dan menyampaikan laju pertumbuhan ekonomi pada saat ini sebesar 4,03 %, Kondisi di mana tingkat kemiskinan sebesar 56,86 & dan tingkat pengangguran sebesar 12,65 %.

“ Kabupaten Kepulauan Mentawai saat ini masih jauh tertinggal di banding kabupaten wilayah lain di Indonesia, namun Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan masyarakat berkomitmen untuk membangun Mentawai yang makmur dan Sejahtera,” Ucap Pj.Bupati di hadapan para Wisudawan dan Wisudawati.

Orasi

Pada kesempatan ini Pj.Bupati juga menyampaikan “ Kepulauan Mentawai saat ini masih sangat membutuhkan keberadaan Perguruan Tinggi di Mentawai. Sehingga inisiatif dari Rektor UNP Padang Bapak Prof. Ganefri untuk membangun Program Studi di luar kampus utama Universitas Negeri Padang di Kepulauan Mentawai kami sambut gembira dan sangat tepat sebagai langkah akselerasi peningkatan sumber daya manusia Mentawai” Ucap Pj.Bupati lagi.

Pj,Bupati juga menyampaikan Tidak hanya pembangunan fasiltas pendidikan, Pemerintah Kepulauan Mentawai dalam rangka meningkatkan SDM telah menyelenggarakan beasiswa pendidikan kepada 819 orang putra putri Mentawai.

Serta menyebutkan beberapa faktor pembatas yang teridentifikasi menjadi tantangan dalam pengembangan sumber daya manusia di Kepulauan Mentawai.

Pertama, Disparitas , Kondisi geografis Kep.Mentawai yang membuat akses masyarakat ke sarana pendidikan menjadi mahal yang mengakibatkan banyak peserta didik maupun pendidik tidak maksimal menjalankan proses belajar mengajar. Disparitas juga mengakibatkan banyak peserta didik tidak dapat melanjutkan level pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

BACA JUGA  SUBP Antarkan Asep Ajidin Raih Gelar Doktor

Kedua, Minimnya sekolah Vokasi maupun balai latihan kerja yang relevan dengan potensi daerah sehingga banyak masyarakat yang tidak menggunakan keterampilan memadai dalam menjalankan pekerjaan.

Ketiga, Tenaga pendidik sulit mendapatkan akses untuk meningkatkan komptensi, akibatnya banyak tenaga pengajar yang tidak dapat mengikuti perkembangan metode mengajar.

Dalam pengembangan SDM Kepulauan Mentawai akan melakukan pendekatan, Pengembangan SDM melalui pendidikan formal dan Non Formal dan peningkatan kualitas tenaga pendidik.

Di akhir orasinya Pj.Bupati menyampaikan “ Pemerintah Kepulauan Mentawai sangat optimis dapat keluar dari predikat 3T. faktor SDM sangat besar pengaruhnya untuk dapat keluar dari 3T, ada beberapa potensi daerah yang dapat di kembangkan sebagai kekuatan ekonomi. Potensi pertanian, perikanan, Perkebunan/kehutanan, peternakan, serta pariwisata masih belum optimal di kelola. Kehadiran SDM yang handal sangat di butuhkan untuk mewujudkan cita – cita ini, “ Kata Pj. Bupati.

Pj.Bupati juga mengajak wisudawan dan wisudawati khususnya yang berasal dari Mentawai unuk dapat mengelola potensi daerah di Kepulauan Mentawai. (yy,ng).

Baca Juga : Pj. Bupati Mentawai Resmikan Mushala Az-Zahra Pondok Pesantren Hidayatullah

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -