PLN Sumatera Barat (Sumbar) Berhasil Tekan Angka Gangguan

sum
SuhaNews,–PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menekan angka gangguan menjadi nihil karena mengintensifkan tim mengecek kondisi dilapangan.
Data menyebutkan pada hari ini, Sabtu (22/8) tidak ada gangguan pada penyulang, Gardu Induk (GI), maupun transmisi milik PLN Sumbar.

Keberhasilan dalam memerangi gangguan tersebut merupakan hasil usaha dan kerja maksimal petugas PLN dilapangan yang rutin melakukan inspeksi dan pengawasan terhadap jaringan listrik, ungkap Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumbar Arief Pramudya seperti dirilis, Sabtu.

Selain itu petugas juga memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan seluruh mitra kerja yang berperan dalam operasional PLN.

Menurut Arief Pramudya gangguan dapat diminimalisir jika sudah bisa memetakan penyebab gangguan dan melakukan upaya preventif untuk mencegah kejadian berulang.

Di Sumbar sendiri penyebab gangguan pada penyulang didominasi oleh pohon, layangan dan binatang yang kerap hinggap di jaringan PLN.

“Kami sudah mengintensifkan tim Right of Way (row) yang rutin membersihkan pohon-pohon yang mengenai jaringan listrik. Petugas PLN pun selalu standby untuk mengecek kondisi dilapangan. Manajemen PLN juga kerap melakukan kunjungan care for asset untuk mengecek jaringan listrik. Alhamdulillah hari ini bisa nihil gangguan, semoga berlanjut pada hari-hari berikutnya,” ujar Arief.

Selain pohon dan layangan, binatang seperti tupai, kera dan ular juga kerap melintas dijaringan yang menyebabkan terjadinya gangguan hingga listrik padam.

Begitu juga dengan faktor cuaca seperti hujan badai juga menjadi salah satu penyebab timbulnya gangguan.

Arif mengatakan upaya pemeliharaan dan penggantian alat yang sudah tua juga terus dilakukan untuk meningkatkan keandalan.

PLN mengharapkan dukungan dan peran serta dari masyarakat untuk memerangi gangguan, salah satunya dengan tidak bermain layangan di sekitar jaringan listrik dan merelakan pohon miliknya untuk dipangkas apabila sudah mengenai jaringan.

PLN terus berupaya untuk memerangi gangguan hingga menjadi nihil sebagai wujud komitmen pelayanan terbaik kepada pelanggan, ujarnya.

Editor: Lim Sumber: sumbar. Antara news. com

Baca juga:

Facebook Comments

loading...