Pondok Pesantren Al Muttaqin Menggratiskan Biaya Pendidikan

muttaqin
SuhaNews– Berlokasi di Jorong Balai Lelo, Nagari Koto Kaciak, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam, Pondok Pesantren Al Muttaqin menggratiskan biaya pendidikan santri sejak berdirinya di Tahun 2004.
Bermula dari hanya lima murid, kini pesantren telah menyelenggarakan pendidikan gratis bagi 98 santriwan dan santriwati yang terbagi ke dalam lima kelas Madrasah Tsanawiyah.

Dikunjungi Wagub Sumbar, Audy Joinaldy, yang didampingi oleh Bupati Agam, Andri Warman, dan Kepala Dinas Peternakan Sumbar, Erinaldi, dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan asrama, sekaligus peninjauan peternakan sapi dan bebek.

Pembina Yayasan Pesantren Al Muttaqin, Elfiroza mengatakan, pihaknya secara swadaya membiayai operasional pesantren lewat unit-unit usaha mandiri yang telah didirikan secara bersama-sama dengan para donatur. Mulai dari kios pertamini, usaha es batu, dan pembibitan ikan.

“Saat ini, Pontren tengah merintis peternakan bebek petelur dan usaha penggemukan sapi inseminasi buatan,” ujar Elfiroza.

Menanggapi itu, Audy Joinaldy menyatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap mengirimkan bantuan berupa sapi dan 1000 ekor bebek untuk pesantren Al Muttaqin Balai Belo.

“Tak hanya sebagai lembaga pendidikan, pesantren ini memiliki potensi sebagai penggerak ekonomi masyarakat,” ujar Audy. Rel

Baca juga:

Facebook Comments

BACA JUGA  Bangun Pondok Pesantren, Wabup Tanah Datar Apresiasi Goro Masyarakat
loading...
Artikulli paraprakDibuka Bupati Tanah Datar, LEF 2022 Digagas Mahasiswa Lintau se Nusantara
Artikulli tjetërWalikota Hendri Septa Doakan NU Semakin Eksis untuk Negeri