Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Gelar Pelatihan Penulisan Esai

kauman
SuhaNews — Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah menggelar pelatihan penulisan esai, Rabu (10/11). Pelatihan ini berkolaborasi dengan Program Gebyar Menulis Akhir Tahun Harian Umum Rakyat Sumbar yang bekerja sama dengan PT. Semen Padang.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini. Sebab pelatihan kepenulisan merupakan program Pontren dalam membekali santri untuk berkarya lewat tulisan. Penulisan ini sangat bermanfaat bagi santri ke depannya saat mereka sudah duduk di bangku kuliah,” kata Wakil Mudir Bidang Pengasuhan Santri, Insan Adha Hasibuan.

Baca juga: PontrenMu Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Peringati Hari Santri 2021

Pihak pontren, katanya, berharap pelatihan ini tidak hanya sebatas pertemuan sekali ini saja. Akan tetapi ada follow up yang nantinya menjadi wadah untuk pengembangan bakat dan minat para santri dalam dunia tulis-menulis.
Sejalan dengan itu, pembina Sanggar Menulis Siswa (SMS), Januar Efendi menyampaikan, pelatihan kepenulisan ini adalah bentuk keseriusan pontren dalam upaya mengembangkan minat para santri.
“Ini dapat menjadi bekal para santri untuk menggali bakat menulis mereka, sehingga mampu menginformasikan sesuatu secara terstruktur dan menyeluruh dalam suatu media, baik cetak, online, atau medsos,” ujarnya.
Selain itu, JE –panggilan akrabnya– juga menegaskan, kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan penulis-penulis berbakat yang akan menjadi pewaris dari Buya Hamka. Dengan mengikuti pelatihan esai ini, peserta dapat mengeksploitasi sebuah informasi lebih dalam dan terukur.
Hadir sebagai pemateri Redaktur Pelaksana Harian Rakyat Sumbar, Jhon Kennedy, Redaktur Sastra dan Budaya, Ubai Dillah Al Ansori.
Tampak jelas raut wajah antusiasme 211 peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Pasalnya materi yang diberikannya lebih ringan dan mudah dipahami para santri. Tidak hanya itu, santri juga diajak langsung mempraktekkan apa yang telah mereka dapat setelah diberikan materi. Rel
Baca juga: 77 Santri Kauman Ikuti Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Covid-19

Facebook Comments

BACA JUGA  Walikota Pariaman, Genius Umar Tinjau Buru Babi di Desa Rambai
loading...
Artikel sebelumya10 Pemilik Menara di Padang Sudah Bayar Retribusi
Artikel berikutnyaHari Patologi Internasional, RSUD dr Rasyidin Padang Gelar Pemeriksaan Pap Smear