PSDKU UNP Miliki Tiga Prodi di Departemen Agro Industri di Sijunjung

departemen
Sijunjung.SuhaNews – Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah menyaksikan Penandatanganan Perjanjian kerjasama antara Dekan Fakultas MIPA, Universitas Negeri Padang, Dr. Yulkifli, S.Pd, M.Si dan Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc, Kamis (16/6)di Departemen Agro Industri, Muaro Sijunjung.

Kerjasama dua fakultas kampus unggul itu sengaja digelar di Sijunjung, karena Departemen Agro Industri berada di bawah Fakultas MIPA Universitas Negeri Padang berkampus di Muaro Sijunjung, sebelumnya dikenal dengan Kampus STIPER.

Baca juga: PSDKU UNP di Sawahlunto Kini Miliki 5 Prodi

Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Negeri Padang dan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dan melakukan kuliah umum. 

Ini menunjukkan progres pergantian STIPER menjadi Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) UNP akan segera rampung. Bahkan proses penerimaan calon mahasiswa baru akan dimulai pada Juli 2022 ini.

Wabup Sijunjung, Iraddatillah berharap proses pemindahan Kampus STIPER menjadi Departemen Agro Industri di bawah Fakultas MIPA berjalan dengan lancar, sehingga aktivitas perkuliahan bisa segera dimulai.

“Bergabungnya STIPER dengan UNP merupakan sebuah pilihan untuk menyelamatkan Kampus STIPER. Mahasiswa yang yang sebelumnya masuk di STIPER akan diwisuda sebagai mahasiswa UNP,” tutur Wabup Iraddatillah. 

Perubahan tersebut, lanjutnya, tidak hanya kepada mahasiswa juga untuk para dosen.

“Kita patut bangga dan bersyukur, kuliah di UNP tidak perlu lagi jauh-jauh ke Padang, di Sijunjung juga bisa,” sebutnya.

Pihaknya mengharapkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak agar proses peralihan yang kini sedang berjalan, bisa segera dituntaskan dengan baik dan lancar. 

“Tanpa dukungan kita bersama tentu proses ini tidak akan berjalan baik. Kita berharap ini nantinya bisa memberikan kemajuan dan berdampak positif terhadap Kabupaten Sijunjung,” harap Wabup Iraddatillah.

BACA JUGA  Gubernur Sumbar Bangga PNP Miliki Guru Besar Pertama Politeknik di Sumatera

Dekan Fakultas MIPA, Universitas Negeri Padang, Dr. Yulkifli, S.Pd, M.Si menjelaskan bahwa, Departemen Agro Industri yang terletak di Muaro Sijunjung akan terdiri dari tiga prodi, dan berada di bawah Fakultas MIPA.

“Departemen Agro Industri ini berada di Fakultas MIPA, rencananya akan kita ubah namanya menjadi Teknologi Industri Peternakan. Pada departemen ini ada tiga prodi diantaranya, Prodi Agribisnis, Peternakan dan Agroteknologi,” tutur Dekan  Fakultas MIPA UNP tersebut.

Fakultas MIPA, jelas Yulkiflli, merupakan salah satu fakultas terbaik di UNP, bahkan sudah memiliki kelas internasional.

“Kita akan bawa kualitas unggulan itu ke sini, salah satu tujuan kerjasama dengan Fakultas,” tambah Yulkifli. 

Untuk pendaftaran penerimaan mahasiswa baru, jelasnya, sudah bisa diakses melalui website resmi UNP.

“Kita sedang mempersiapkan segala sesuatunya, nanti penerimaan mahasiswa baru sudah melalui website UNP, semuanya akan mengikuti standar UNP. Mahasiswa yang sekarang tidak lagi mahasiswa STIPER, tapi sudah mahasiswa UNP,” terang Dekan.

Sementara itu, pembenahan dan persiapan aktivitas akademik di Departemen Agro Industri, Muaro Sijunjung juga dilakukan, termasuk infrastruktur dan sarana pra sarana lainnya.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Pemda Sijunjung yang sudah menyediakan anggaran Rp5 milyar untuk operasional. Pembenahan infrastruktur dan fasilitas lainnya juga akan dilakukan,” tambahnya.

Selain penandatanganan kerjasama dan temu ramah, kuliah umum mengenai prospek bisnis peternakan di Indonesia, disampaikan langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc dan diikuti oleh mahasiswa dan dosen di lingkungan Departemen Agro Industri. Kegiatan tersebut difasilitasi Pemda Sijunjung, bertempat di Gedung Pancasila, Muaro Sijunjung. (Dicko/rls)

Baca juga: Pemko Sawahlunto Sampaikan Usulan Penambahan Prodi untuk PSDKU UNP

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakJuara Umum MTQN Kec. Kubung, Kafilah Koto Baru Disambut Wali Nagari
Artikulli tjetërBimbingan Konseling; Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Melalui Solat 5 Waktu