Pukul Tambua Tansa, Gubernur Sumbar Buka Festival Pesona Danau Maninjau

sumbar
Tanjung Raya, SuhaNews – Gubernur Sumatera Barat, diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda melakukan pemukulan tambua tansa untuk menandai dimulainya Festival Pesona Danau Maninjau, Rabu (27/7) di Objek Wisata Linggai Park, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. 

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar dudampingi oleh Bupati Agam, Dr H Andri Warman MM, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, Ketua DPRD Agam, Novi Irwan, dan lainnya.

Baca juga: Orkes Keroncong Buana Lestari Sawahlunto Tampil di Solo Keroncong Festival 2022

“Tterima kasih kepada Bupati Agam dan jajarannya yang telah membangun dan mengembangkan kepariwisataan di Agam,” ujar Kadis Pariwisata Provinsi Sumbar, Luhur Budianda.

Pemprov Sumbar, jelas Luhur Budianda, menyambut baik Festival Pesona Danau Maninjau ini. Dengan adanya kegiatan ini semoga bisa menjadi momentum bangkitnya kembali kepariwisataan di Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Agam.

“Penyelenggaraan event ini merupakan salah satu hal yang penting dalam mempromosikan kepariwisataan untuk menarik minat wisatawan agar datang berkunjung,” tambah Luhur Budianda.

Selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,jelasnya, kegiatan ini juga merupakan sebagai langkah strategis dalam meningkatkan minat generasi muda untuk mencintai budaya sendiri.

Ia berharap, event-event seperti ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga mampu merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat dan dapat mempercepat proses pemulihan kepariwisataan pasca pandemi Covid-19

Festival Pesona Danau Maninjau ini diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya Kejurda Paralayang, lomba vlog lintas wisata alam, parade jamba, penampilan kesenian, peragaan busana, penampilan kolaborasi musik tradisional, lomba pasambahan, lomba nyanyi minang, lomba menggambar dan mewarnai tingkat TK se Agam.

Di samping itu juga ada kegiatan Fun Bike to Maninjau dan Touring Terios Club Indonesia, serta napak tilas jejak Buya Hamka dan penampilan kesenian 5 danau wilayah kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumbar.

BACA JUGA  Rancangan APBD Kabupaten Agam tahun 2022 Sebesar Rp1,504 T

“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan penyelenggaraan kegiatan ini,” ujar Bupati Agam Andri Warman.

Menurutnya, Festival Pesona Danau Maninjau bukan hanya sekedar event biasa, tapi merupakan marwah daerah yang memiliki tuah.

“Festival ini memberikan persepsi bahwa Kawasan Danau Maninjau adalah wujud istimewa dari keindahan alam dan intelektualitas budaya yang melahirkan karakter wilayah personal,” ujarnya.

Dikatakan, rangkaian iven ini melahirkan sinergitas dan kolaborasi kegiatan yang sangat baik, yang perlu dijadikan pemikiran untuk menunjang program pemerintah, salah satunya bidang pariwisata. (HR/We)

Baca juga: BPNB Sumbar Gelar Festival Matrilineal 2022 di Perkampungan Adat Sijunjung

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakIpda M. Affandi Jadi Pegiat Maggot di Padang Panjang
Artikulli tjetërAudy Targetkan Sumbar Raih Tiga Besar di MTQ Nasional XXIX Kalsel