Rawan Bencana, Tanah Datar Terima Bantuan BPBD Provinsi Sumbar

ben
Batusangkar, SuhaNews – Kabupaten Tanah Datar termasuk daerah rawan bencana. Bahkan di awal tahun 2020 terjadi dua kali peristiwa bencana alam longsor dan banjir bandang yang melanda Kecamatan Batipuh Selatan.

Peristiwa ini terjadi  karena wilayahnya memiliki topografi berbukit dan berlereng yang rawan bencana alam.

Banjir bandang di Jorong Tanjung Sawah Nagari Padang Laweh Malalo pada tanggal 17 Januari mengakibatkan 3 unit rumah rusak dan 1 fasilitas umum serta jalan salingka danau putus total.

Selang tiga bulan setekahnya, galodo atau banjir bandang melanda Nagari Guguak Malalo, yang mengakibatkan satu unit rumah berikut dua peghuninya ikut tertimbun material galodo.

“Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui BPBD mengajukan permohonan bantuan peralatan sehubungan dengan terjadinya beberapa kali bencana alam di wilayah Tanah Datar seperti di Salingka Danau Singkarak,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat Rumainur, Senin (26/10) di ruangan kerja Sekda Tanah Datar.

Kondisi alam dan topografi serta cuaca saat ini cukup ekstrim, jelas Rumainur,  BPBD Provinsi Sumatera Barat memberikan bantuan peralatan kebencanaan.

Bantuan tersebut diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tanah Datar Suhermen. Ia didampingi Kabag Humas dan Protokol Yusrizal dan Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Tanah Datar Sofyan AZ,

“Kondisi cuaca juga akan berakibat acaman bencana Anomali La Nina yang diperkirakan dua bulan ke depan,” jelasnya.

La Nina, jelas Rumainur, dapat mengakibatkan curah hujan bertambah 20 hingga 40 persen. Sumatera Barat termasuk non zone, tidak memiliki batasan yang jelas antara musim hujan dengan musim panas.

“Musim hujan di Sumatera Barat cukup tinggi. Seandainya ada la nina Sumbar tetap biasa namun langkah antisipasi perlu dilakukan,” tambah Rumainur.

Bantuan yang diserahkan ini berupa perahu dolphin, tenda pengungsi dan kawat bronjong. Total bantuan bernilai Rp408.000.000,-.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Sumatera Barat yang telah menggelontorkan bantuan berupa peralatan kebencanaan.

“Alhamdulillah, bantuan peralatan berupa perahu dolphin, tenda pengungsi dan kawat beronjong telah kita terima dan ini sangat kita butuhkan mengingat wilayah Tanah Datar tergolong rawan bencana,” ujar Suhermen.

Suhermen berharap masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan, mengingat kondisi cuaca saat ini, terkadang panas, hujan dan juga angin kencang.

Reporter: Dajim      Editor: Wewe

Baca juga:

Facebook Comments

loading...