Rica Mega Sari, Dosen UMMY Solok Raih Gelar Doktor di Hari Ibu

Suhanews, Padang – Momentum Hari Ibu yang jatuh pada Kamis (22/12/2022) menjadi momen bahagia dan indah bagi Rica Mega Sari, seorang Dosen Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok.
Betapa tidak, disaat orang se Indonesia merayakan hari ibu, Putri kedua pasangan Mardanis (Almarhum) dan Yulismani yang menginjak usia 39 tahun mampu menyelesaikan ujian terbuka di kampus Ilmu Peternakan Unand di Padang dan berhak atas gelar Doktor pada Program Studi S3 Ilmu Peternakan di Universitas Andalas (UNAND) Padang dengan nilai A dan melengkapi gelarnya menjadi Dr. Rica Mega Sari, S.Pt, MP.

Sedangkan untuk sampai ke tahap itu, ia selesaikan dalam masa 3 tahun 5 bulan dengan IPK 4.00 prediket Cumlaude.

Ibu dari Muthia Khaira Salsabila dan Istri Yendrizal ini dalam ujian terbuka yang merupakan puncak perjuangan dalam menyelesaikan studi Strata 3 itu, mampu menjawab pertanyaan tim penguji yakni Prof. Dr.Ir. Fauzia Agustin, MS,kemudian Dr.Ir. Arief, MS, dan Dr. Ir. Elihasridas, MS serta pertanyaan Promotor Prof. Dr. Ir. Mardiati Zain, MS dan Co. Promotor Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc,. Dr. Ir. Ruswana MSN, M.Rur.sc serta penguji ekternal Prof. Dr. Ir. Syahro Ali Akbar, MP dengan lugas dan jelas.

Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas (Unand) Dr. Ir. Adrizal, M.Si yang memimpin jalannya ujian terbuka itu didampingi Wakil Dekan dan Ketua Program Studi S3 menyampaikan selamat atas capaian Rica sehingga mampu mencapai tahapan ujian terbuka.

“Tentu telah banyak lika liku yang dilalui dalam menyelesaikan program S3 atau Doktor ini, sehingga mampu mencapai tahapan ini. Atas nama Dekan dan Fakultas Saya sampaikan selamat kepada Dr. Rica Mega Sari, S.Pt, MP yang merupakan Doktor ke 41 di Fakultas Peternakan Unand ini,” sampainya.

BACA JUGA  Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa Faperta UMMY Gandeng Keltan Sadar Gawan

Ditambahkan Adrizal, Saudari Doktor baru ini terbukti telah mampu mempertahankan diri terhadap pertanyaan-pertanyaan tim penguji terhadap hasil penelitian ilmiah yang sahih dan dinyatakan lulus.

“Dengan gelar ini, tentunya diharapkan mampu membantu jenjang karir Saudari Rica, namun yang terpenting adalah hasil penelitiannya bisa bermanfaat bagi masyarakat peternak maupun bagi pengembangan Iptek ke depan,” sampainya.

Sementara itu Rektor UMMY Solok Prof. Dr. Ir. Syahro Ali Akbar, MP yang juga menjadi penguji ekternal juga menyampaikan apresiasi terhadap capaian Dr. Rica Mega Sari, S.Pt, MP.

“Selamat atas capaiannya, Saudari Rica menjadi Doktor ke 16 di UMMY Solok dan menjadi yang ke 4 di Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian. Semoga dengan bertambahnya satu lagi Doktor, UMMY Solok semakin maju dan jaya ke depannya,” sampainya.

Selepas itu, sang Doktor baru Rica dalam sambutannya menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama orang tua, Suami dan anak serta Saudaranya yang telah mendukung dan mensupportnya dalam menyelesaikan pendidikannya.

“Tentunya banyak pihak yang tidak mungkin disebutkan satu persatu yang mendukung sehingga Saya bisa menyelesaikan S3 ini. Baik itu keluarga, pembimbing, penguji, Rektor dan rekan sejawat di UMMY sampai pemilik lokasi penelitian yang telah mengizinkan saya untuk meneliti di peternakannya,” sampainya.

Rica juga berharap penelitiannya tentang mengoptimalisasikan produksi susu kambing peranakan etawa, bisa bermanfaat bagi para peternak ataupun pihak lainnya.

“Penelitian Saya tentang bagaimana pakan bisa mengoptimalisasikan produksi susu kambing peranakan etawa bisa bermanfaat bagi peternak, sehingga kebutuhan susu kambing di Sumbar ataupun di Indonesia bisa terpenuhi,” tukasnya.(dajim)

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -