Sampaikan Terima Kasih, Wawako Ekos Albar Lepas Tim Verifikator Kota Sehat

SuhaNews — Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar menyampaikan terima kasih atas kehadiran Tim Verifikator Pusat Penilaian Program Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Nasional Tahun 2023 selama dua hari, Selasa dan Rabu (5-6/9/2023) di Kota Padang.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang, kita berterima kasih kepada bapak ibu tim penilai yang telah melakukan verifikasi lapangan terkait penyelenggaraan kota sehat di Kota Padang. Khususnya mendatangi beberapa lokus dari 9 (sembilan) tatanan penilaian yang ditentukan,” ucap Wawako dalam kegiatan Forum Group Discussion (FGD) sekaligus melepas Tim Verifikator Pusat Penilaian Program KKS 2023 tersebut di salah satu restoran di Kota Padang, Rabu (6/8/2023).

Juga hadir saat itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi bersama sejumlah pimpinan OPD dan Camat terkait di lingkup Pemko Padang.

Wawako Ekos berharap Pemko Padang dan masyarakat senantiasa berperan aktif mengimplementasikan kesehatan di semua sektor kehidupan.

“Kita tentu berharap bagaimana melalui penilaian ini tidak saja mendapatkan penghargaan kota sehat kategori tertinggi Swasti Saba Wistara, tapi juga masukan untuk menguatkan Padang sebagai kota yang betul-betul sehat di semua sektor kehidupan,” ujar Wawako.

Pada saat yang sama perwakilian Tim Verifikator Pusat Penilaian KKS 2023 Jabfung Ahli Madya TSL Direktorat Penyehatan Lingkungan Ditjen P2P Kemenkes Dewi Marlina menyebutkan, melalui penilaian ini pihaknya menginginkan penyelenggaraan KKS di Kota Padang betul-betul berjalan dengan baik.

“Sembilan tatanan penilaian sudah kita kunjungi. Realita di lapangan memang sesuai dengan dokumen yang disampaikan ke kita sebelumnya,” ungkapnya.

Dewi juga mengatakan bahwa Kota Padang memiliki banyak kelebihan. Meski masih terdapat beberapa masukan, namun kesembilan tatanan yang dinilai semuanya memiliki kualitas yang bagus.

BACA JUGA  Adi Gunawan Pimpin Partai Golkar Dharmasraya Masa Jabatan 2021-2025

“Saya melihat Kota Padang itu adalah kota yang sehat. Semoga ke depan baik pemerintah kota dan masyarakat dapat menjaganya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Padang Rukayah Anwar juga membeberkan, untuk penghargaan kota sehat Swasti Saba Wistara terakhir diraih Kota Padang pada tahun 2017 lalu.

Sembilan tatanan itu jelasnya, meliputi Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Tatanan Permukiman dan Fasilitas Umum, Tatanan Satuan Pendidikan, Tatanan Pasar, Tatanan Pariwisata serta Tatanan Perkantoran dan Perindustrian. Selanjutnya Tatanan Transportasi dan Tertib Lalu Lintas Jalan, Tatanan Perlindungan Sosial dan Tatanan Pencegahan dan Penanganan Bencana.

“Semoga untuk tahun 2023 ini kita kembali meraih penghargaan kota sehat yang diumumkan nanti pada ajang Penganugerahan Swasti Saba KKS 2023,” sambung Ketua FKS Kota Padang tersebut bersemangat.

Seperti diketahui, terkait penilaian KKS tahun 2023 bagi Kota Padang, pada hari pertama penilaian Selasa (5/9/2023), usai mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) tim penilai langsung bergerak menuju Bank Sampah Panca Daya yang berada di belakang Kantor Camat Kuranji.

Setelah itu tim penilai disambut Wawako Padang sambil makan siang bersama di salah satu rumah makan ternama di Padang sebelum mengunjungi Sekretariat FKS Kota Padang di Jalan Raya Andalas, Simpang Haru. Kemudian baru menuju objek pantau seperti SMPN 24 Lubuk Begalung.

Beranjak dari lokasi tersebut tim penilai melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Kantor Sehat Kantor Camat Padang Selatan sekaligus Sekretariat Forum Kecamatan Sehat Padang Selatan. Selanjutnya pada hari itu juga tim penilai juga berkunjung ke Pamsimas Limau Manis.

Sementara pada hari kedua, Rabu (5/9/2023), tim penilai meninjau Pasar Sehat Pasar Alai, Puskesmas Andalas serta DTW Gunung Padang. Setelah itu singgah ke IKM Batik Tanah Liek serta IKM Rendang Asese.

BACA JUGA  Bupati Pasaman Ajak ASN Perbanyak Amalan di Bulan Ramadhan

Selanjutnya lagi, tim penilai juga mengunjungi Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Bundo Kanduang di Kantor Dinas Sosial. Begitu juga mengunjungi Masyarakat Siaga Tsunami (Tsunami Ready Community) di Kantor Lurah Lolong Belanti, Masjid Al Hakim hingga terakhir mengunjungi Terminal Anak Air. (*)

Baca juga:

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -