Satu Aplikasi untuk Semua Informasi, Pelaksanaan MTQ Bisa Diakses Melalui Udajang

SuhaNews– Ultimate Daily Application of Padang Panjang (Udajang), satu aplikasi berbasis mobile yang menampung semua informasi di Kota Padang Panjang.

Aplikasi yang bisa digunakan di Android maupun IOS ini, sangat bermanfaat untuk masyarakat maupun ASN. Bagi ASN aplikasi Udajang digunakan untuk absensi kerja harian, dan juga menampung aplikasi resmi milik pemerintah Kota Padang Panjang. Seperti Lakon (Layanan Kelurahan Kecamatan Online), Paduko (Pelayanan Dokumen Kependudukan Online), JDIH (Jaringan Dokumentasi dan Inforasi Hukum), PPID (Pejabat Pengelola Informasi Publik) dan Tambo (Penataan Arsip Masyarakat Berbasis Online).

Untuk masyarakat, Udajang memberikan informasi berupa info kuliner, penginapan, wisata, harga pangan, transportasi, ekonomi kreatif, tapak tilas, lokasi WiFi, info statistik, dan berita harian yang dirilis dari media sosial resmi Kominfo.

Udajang juga telah berkolaborasi dengan beberapa aplikasi, di antaranya Blibli, Google Maps, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Padang Panjang TV. Pada tampilan utama Udajang, juga memberikan informasi cuaca Kota Padang Panjang, dan layanan pengaduan ke 112.

Udajang juga memberikan informasi mengenai Covid-19 dengan menu “Udajang Tanggap Covid-19”. Menu ini memberikan informasi dasar tentang kasus Covid-19 di Kota Padang Panjang, zonasi, contact tracing yang langsung terintegrasi ke Aplikasi Peduli Lindungi. Lalu Google Timeline untuk pengecekan linimasa perjalanan selama masa pandemi yang terintegrasi ke Google Linimasa.

Kepala Seksi Layanan Aplikasi Dinas Kominfo, Dina Hunaefi, S.Si mengatakan, untuk menyambut pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang Panjang, Udajang mempersembahkan update terbaru versi MTQ.

“Kita memberikan Udajang versi terbaru untuk memfasilitasi kontingen MTQ dalam berbagai info, termasuk info seputar MTQ,” ujar Dina, Kamis (11/11).

BACA JUGA  Kakan Kemenag Padang Panjang Ikuti Upacara Sumpah Pemuda ke 93

Selama pelaksanaan MTQ, Udajang memberikan informasi seputar MTQ berupa lokasi lomba, pemondokan, data peserta dari masing-masing kabupaten/kota. Masyarakat juga bisa menyaksikan live streaming dari pelaksanaan MTQ di tombol “Live Streaming” dan juga melihat hasil klasemen para juri.

Untuk lokasi lomba dan pemondokan, dengan memilih satu satu lokasi selanjutnya langsung terhubung ke Google Map untuk direction dari lokasi awal ke lokasi tujuan.

Begitu juga dengan menu Data Peserta, masyarakat lain bisa melihat siapa saja peserta MTQ berdasarkan cabang lomba dari masing-masing kabupaten/kota. Udajang akan memberikan info berupa nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir.

Kepala Dinas Kominfo, Drs. Ampera Salim, SH, M.Si menyebutkan, aplikasi Udajang ini sangat diperlukan dalam memberikan informasi-informasi yang ada di Kota Padang Panjang.

“Mari gunakan aplikasi Udajang. Ini sangat membantu kita untuk berada di Kota Padang Panjang,” tuturnya.

Udajang sudah tersedia di Playstore dan Appstore dengan link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kominfo.udajang untuk android dan https://apps.apple.com/id/app/udajang/id1559142746 untuk IOS. Rel

Berita terkait:

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDilantik jadi Kakan Kemenag Kabupaten Solok, Zulkifli Langsung Dampingi Kafilah
Artikel berikutnyaBekerjasama dengan Kemenkumham, PGRI Sumatera Barat Gelar Diklat Paralegal