Sebanyak 1.014 KK di Mentawai Mendapatkan Bantuan Sanitasi dari Pemerintah

seba
SuhaNews – Sebanyak 1.014 kepala keluarga (KK) menerima bantuan program sanitasi, yakni pemasangan closet perpipaan dan septic tank di 9 titik lokasi pada 2020 ini. 

Pemerintah, melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (DPKP) Mentawai terus berupaya mewujudkan salah satu dari tujuh pesan Sikerei dalam hal sanitasi.

“Sumber anggaran berasal dari dana alokasi khusus (DAK) cadangan pusat dan setiap KK menerima Rp,3 juta,” kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (DPKP) Mentawai, Budi Siregar.

“Uangnya disalurkan ke rekening kelompok masyarakat penerima bantuan. Dana tersebut digunakan untuk membeli bahan material dan pengerjaannya,” ujar Budi Siregar sebagaimana dilansir dari Prokabar.com. Minggu (25/10).

Ia mengimbuhkan bahwa penyaluran bahannya bisa melalui kelompok masyarakat dan bermitra mencari supplier.

Untuk pengerjaannya juga dilakukan secara swadaya oleh kelompok masyarakat.

Budi mengatakan bahwa anggaran program sanitasi tersebut sebesar Rp,3 juta per KK dan tidak termasuk untuk biaya bahan dinding, sehingga diharapkan swadaya masyarakat dan kelompok untuk menanggulanginya.

Adapun lokasi penerima bantuan program sanitasi tahun 2020

diantaranya, Desa Sigapokna 50 KK, Muara Sikabaluan 50 KK, Saliguma 100 KK, Madobag 200 KK, Muara Siberut 200 KK, Sagulubbeg 100 KK, Simatalu 150 KK, Saumanganyak 100 KK, dan Bulasat 64 KK.

Budi menuturkan bahwa pelaksanaan program sanitasi sudah dimulai sejak

pertengahan september dan diharapkan dapat tuntas pada desember 2020 mendatang. (*)

Baca juga:

Facebook Comments

loading...