Sebelum Jadi Korban Galodo, Siswa MAN 3 Padangpanjang Ini Sempat Tolong Tetangganya

Padang Panjang, SuhaNews – Marcel Hazaren Fikri (16) satu diantara beberapa korban meninggal akibat galodo / lahar dingin Gunung Marapi yang membanjiri Batang Anai pada Sabtu (11/5) lalu. galodo galodo galodo galodo galodo
Sebelum Jadi Korban Galodo, Siswa MAN 3 Padangpanjang Ini Sempat Tolong Tetangganya 1
Kakak dan Ibu alm. Fikri

Dimata keluarga, tetangga dan teman, pemuda yang akrab disapa Fikri ini dikenal ramah dan mudah bergaul. Bahkan sebelum ia mengalami musibh yang merengut nyawanya ini, Fikri menolong tetangga yang rumahnya tergerus air sungai yang mulai meluap.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala MAN 3 Kota Padang Panjang, Julpiadi Hutabarat, kejadian bermula ketika Fikri menolong rumah tetangganya yang tergerus aliran sungai dari arah Lubuak Mato Kuciang, tepatnya di Sungkua, RT 01 Kelurahan Silaiang Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang (Daerah Dibelakang Kantor Walikota Padang Panjang) Sabtu Senja Menjelang Maghrib (11/05/2023).

“Ketika air sungai aliran dari dari arah Lubuak Mato Kuciang semakin deras, Fikri sempat berpegangan ditiang rumah. Namun hujan dan air sungai semakin deras menghantam dinding rumah. Sehingga Fikri terseret dibawa hanyut Galodo Lahar Dingin Gunung Marapi,” ungkap Julpiadi yang akrab dipanggil Tulang.

“Keesokan harinya, Ahad (12/05/2024) sekitar pukul 09.30 WIB, Jasad Fikri ditemukan oleh Tim SAR bersama Kepolisian dan pihak terkait di Kayu Tanam, Kandang Ampek, Kecamatan 2X11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman dalam kondisi meninggal dunia ” jelas Julpiadi.

“Akhirnya Jenazah diterima oleh pihak keluarga (ayah dan ibunya) dari pihak Kepolisian dan disemayamkan pada Ahad Siang itu juga di Kayu Tanam di Tanah Keluarga Ayahnya tersebut,” ulas Julpiadi.

Menurut keterangan Kepala Madrasah beserta Majelis Guru MAN 3 Kota Padang Panjang, semasa hidupnya Fikri adalah Siswa Aktif kegiatan Pramuka bersama siswa lainnya.

BACA JUGA  Optimasi Penyebaran Informasi Publik, RRI Bukittinggi dan Kominfo Jalin Kemitraan

“Kami atas nama Keluarga Besar MAN 3 Kota Padang Panjang turut berdukacita dan sangat kehilangan,” kenangnya.

“Hari ini Senin (13/05/2024), adalah hari pertama dalam sepekan belajar di Madrasah, diselenggarakan Sholat ghaib berjama’ah untuk Fikri yang meninggal dunia korban lahar dingin Gunung Marapi,” tambahnya.

Sebelum Jadi Korban Galodo, Siswa MAN 3 Padangpanjang Ini Sempat Tolong Tetangganya 2
Rumah yang Fikri saat Galodo terjadi

Menerima informasi berita duka ini, Kepala Kantor Kemenag Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tungga beserta jajaran turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah Marcel Hazaren Fikri (Siswa MAN 3 Kota Padang Panjang) .

“Teriring Doa untuk almarhumah, Semoga Almarhum Husnul Khatimah dan keluarga yg ditinggalkan diberi kesabaran, keikhlasan dan ketabahan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin,” ujar Kakankemenag. (Adi)

Berita Terkait : 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -