Sehari, Bupati Solok Kunjungi Lima Nagari di Kecamatan X Koto Singkarak

Arosuka, SuhaNews –  Dalam rangka menjemput Aspirasi dan usulan masyarakat, Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt Sutan Majo Lelo kunjungi semua nagari yang ada di Kecamatan X Koto Singkarak Selasa (30/01/2024).

Dalam kunjungan ini, Bupati Solok didampingi Bupati Solok Asisten I Syahrial, Anggota DPRD Kab. Solok Septrismen, Kepala OPD, Camat X Koto Singkarak Crismon Darma beserta Forkompimcam. Kehadira Bupati dan rombongan disambut oleh Walinagari, tokoh agama dan adat, dan masyarakat. kunjung kunjung kunjung

Baca juga: Bupati Solok Temu Ramah dengan Masyarakat Nagari Sariak Alahan Tigo

“Sehari ini, saya mengunjungi Lima Nagari di Kecamatan X Koto Singkarak sekaligus, yakni  Koto Sani, Sumani, Singkarak, Tikalak dan Kacang,” ujar Bupati Solok Epyardi Asda.

Para Walinagari menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan pembangunan yang telah berjalan di masing-masing Nagari.

Sehari, Bupati Solok Kunjungi Lima Nagari di Kecamatan X Koto Singkarak 1
Bupati Solok serahkan paket bantuan kepada masyarakat

Bupati Solok menyampaikan bahwa kunjungan ini untuk  menjemput aspirasi dan usulan masyarakat. Ia sengaja turun langsung ke tengah-tengah masyarakat mendengarkan apa saja yang dibutuhkan oleh Masyarakatnya.

“Kita menggunakan prinsip anggaran berbasis kebutuhan rakyat. Diminta masyarakat menyampaikan kebutuhan pembangunan di nagari,” ujar Epyardi Asda.

Bupati Solok menekankan bahwa Kabupaten Solok saat ini dalam masa pembangunan demi mewujudkan Visi Mambangkik Batang Tarandam, untuk itu beliau mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Bupati Solok menyampaikan Kabupaten Solok sudah menerapkan pendidikan full day school karema itu setiap sekolah diharapkan memiliki musala.

Masyarakat Nagari Koto Sani meminta bantuan kepada Bupati Epyardi Asda berupa peralatan UMKM dan Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Bupati Solok akan me lakukan pendataan seluruh pelaku UMKM serta kelompok tani di Nagari Koto Sani dan selanjutnya akan diberikan bantuan sesuai kebutuhan.

BACA JUGA  Bupati Solok Hadiri Acara Perpisahan SMPN 3 X Koto Singkarak

Di Nagari Sumani banyak masyarakat meminta Normalisasi Batang Lembang yang ada di Nagari Sumani dan perbaikan beberapa jalan.

“Nagari Sumani diprioritaskan untuk mendapatkan normalisasi Batang Lembang dan untuk beberapa ruas jalan yang diusulkan masyarakat akan dibenahi pada anggaran perubahan tahun 2024,” jelas Epyardi Asda.

Sementara di Nagari Singkarak Bupati Solok memberikan bantuan kepada Pelaku UMKM serta Bantuan Peralatan Bagi Kelompok Nelayan dan Kelompok Tani di Singkarak.

Nagari Tikalak minta bantuan Penerangan Jalan Umum karena hingga saat ini jalan-jalan yang ada di Nagari Tikalak belum memiliki lampu penerangan jalan serta meminta perbaikan beberapa ruas jalan

“Usulan masyarakat Tikalak ini akan segera ditindaklanjuti pada tahun 2024 ini,” jelas Epyardi Asda.

Di Nagari Kacang banyak masyarakat yang bekerja pada bidang UMKM, namun saat ini masih terkendala pemasaran dan pengemasan produk-produknya.

Pelaku UMKM berharap mendapatkan pembinaan sekaligus bantuan peralatan UMKM, Di samping itu, kelompok penggiat budidaya ikan lele minta bantuan bibit ikan.

Sehari, Bupati Solok Kunjungi Lima Nagari di Kecamatan X Koto Singkarak 2“Dinas terkait diharapkan segera mendata dan memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat serta dalam waktu dekat juga akan dilakukan pembinaan bagi para pelaku UMKM,” urai Bupati Epyardi Asda.

Dalam kunjugan ini, Bupati Solok Epyardi Asda  menyalurkan  bantuan Sembako berupa telur ayam ras kepada masyarakat dalam rangka menekan angka Stunting.

Bantuan yang disalurkan  tersebut berbeda untuksetiap nagari, yakni Nagari Koto Sani mendapatkan 300 Paket, Nagari Sumani 200 paket, Nagari Singkarak 500 Paket, Nagari Tikalak 100 Paket dan Nagari Kacang 400 Paket. Wewe

Baca juga: Bupati Solok Temu Ramah dengan Masyarakat Nagari Koto Hilalang

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -