Sekda Hansastri Kunjungi Jemaah Haji Sumbar di Makkah

SuhaNews— Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Hansastri, mengunjungi dan bersilaturahim dengan Jemaah Calon Haji (JCH) asal Sumbar, di Hotel Tayser Makkah, Sabtu (24/6/2023).

Dalam kunjungan silaturahmi tersebut, Sekda tidak sendirian, tetapi didampingi

Ketua MUI Sumbar Buya Dr Gusrizal Gazahar, Ketua TP.PKK Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi, dan Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan bahwa pelayanan terhadap jemaah haji setiap tahunnya terus ditingkatkan. Termasuk untuk penginapan.

“Patut disyukuri bahwa tahun ini semua jemaah haji Sumbar ditempatkan di satu hotel. Pada tahun-tahun sebelumnya tempatnya berpencar-pencar,” ujar Hansastri.

Sekda mengharapkan semua jemaah menjaga kondisi kesehatan supaya dapat menjalankan ibadah haji secara maksimal.

Jemaah calon haji asal Sumbar pun gembira saat dikunjungi Sekda dan rombongan yang sama-sama berada di tanah suci Makkah untuk menjalankan ibadah haji.

Kehadiran Sekda untuk melaksanakaan ibadah haji tahun ini merupakan atas undangan dan biaya Raja Arab Saudi yang jumlah undangan se-Indonesia tahun ini ada 50 orang dan alokasi terbanyak adalah dari Sumbar, yakni 7 orang termasuk Gubernur Mahyeldi.

Sebagai informasi, total jumlah JCH Embarkasi Padang pada Tahun 2023 M/1444 H, menurut data Kanwil Kemenag Sumbar berjumlah 6.329 orang, dengan rincian 4.613 orang dari Provinsi Sumbar dan sebanyak 1.636 orang dari Provinsi Bengkulu. Sementara untuk petugas Kloter ada sebanyak 80 orang.

Dari jumlah 6.329 orang tersebut, terdapat 1.999 orang JCH Lansia atau yang berusia diatas 65 tahun dari provinsi Sumbar dan JCH yang paling tua berusia 88 tahun.

Kloter pertama JCH Sumbar sebanyak 393 orang dilepas langsung oleh Gubernur Mahyeldi, bersama Anggota DPR RI Komisi VIII Muhammad Asli Chaidir, Dirjen PHU, Kakanwil Kemenag Sumbar, Forkopimda Prov. Sumbar dan sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Sumbar, Minggu (4/6/2023) malam, di Aula Utama Asrama Haji Embarkasi Padang.(*)

BACA JUGA  Camping, Cara Lain Menikmati Indahnya Danau Talang Kab. Solok

Baca Juga:

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -