spot_img

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Lakukan Pra Soft Launching Mall Pelayanan Publik

Arosuka, SuhaNews – Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison, S.Sos, M.Si melakukan Pra Soft Launching Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Solok, Selasa, 23 Januari 2023 di MPP Kabupaten Solok, Koto Baru.

Kegiatan ini hadiri oleh Asisten II  Deni Prihatni, ST, MT., Staf Ahli Bid Pemerintahan, Hukum dan Politik Safrudin, S.Sos, M.Si., Kepala DPMPTSP Naker  Aliber Mulyadi, Kepala OPD,  Camat Kubung  Acil Fasra, S.IP, MM., Kabag dan Walinagari Koto Baru.

Baca juga: Peringat 3 Pelayanan Publik Agam Terima Penghargaan dari Ombusman

Sekretaris Daerah beserta seluruh tamu undangan melakukan peninjauan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Solok.

Kepala DPMPTSP Naker Aliber Mulyadi mengatakan bahwa pelaksanaan Pra Soft Launching untuk menandai dimulainya operasional pelayanan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Solok.

“Kita melakukan ini dalam rangka mempercepat pelaksanaan Soft Launching Mall Pelayanan Publik, yang akan diresmikan pada Maret 2024,” ujar Aliber Mulyadi.

Saat ini, jelas Aliber Mulyadi, pelayanan yang dapat dilakukan di Mall Pelayanan Publik baru sebatas urusan perizinan. Ke depannya akan ada lagi jenis pelayanan lainnya yang dapat kita lakukan di sini.

Sekretaris Daerah Medison mengapresiasi DPMPTSP Naker atas upayanya mengukuhkan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Solok dengan sangat gigih.

“MPP dari segi aturan merupakan suatu kebijakan negara  dalam mempermudah pemberian pelayanan terhadap masyarakat yang terpusat pada satu tempat,” ujar Medison.

Ini merupakan langkah kecil, tambah Medison, yang akan memberikan dampak besar dalam mengembangkan pelayanan publik Kabupaten Solok di masa depan.

“Kabupaten Solok merupakan kabupaten pertama di Sumatera Barat yang melaksanakan Pra Soft Launching Mall Pelayanan Publik,” tambah Medison.

Tahap berikutnya, jelas Medison, kita harus bekerjasama dengan instansi yang memerlukan pelayanan baik dari Instansi Vertikal maupun Instansi Pemerintah Daerah lainnya.

BACA JUGA  Kemenag akan Atur Kebijakan Asuransi Travel Umrah Untuk Lindungi Jemaah

Mall2Dengan adanya MPP ini, jelas Medison, bukan berarti pelayanan yang di Arosuka akan terhenti. Segala bentuk pelayanan di Arosuka tetap berjalan seperti biasa, hanya saja pusat pelayanannya kita alihkan ke MPP di Koto Baru.

Layanan yang sedang dipersiapkan untuk Soft Launching antara lain: Layanan Kanwil Kemenkumham berupa layanan keimigrasian (pengurusan paspor) dan layanan hukum dan ham (konsultasi dan pengaduan), BPJS Kesehatan, beru layanan administrasi kepesertaan, penanganan informasi dan keluhan, BPJS Ketenagakerjaan berupa layanan administrasi kepesertaan dan  pengaduan.

Selanjutnya, SAMSAT berupa Pembayaran pajak tahunan, Bank Nagari berupa Layanan Payment Point (Pembayaran), Kantor Pertanahan dan Layanan Pemerintah Daerah yang terdiri dari  Layanan Dukcapil, Badan Keuangan Daerah, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PUPR. Wewe

Baca juga: Nilai Tertinggi Pelayanan Publik, Bupati Solok Terima Penghargaan dari Ombudsman RI

Facebook Comments