Selama Maret 2022, Damkar Kab. Solok Respon 16 Kebakaran Lahan

Selama Maret 2022, Damkar Kab. Solok Respon 16 Kebakaran Lahan
Solok, SuhaNews – Hingga Minggu 27 Maret 2022, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Solok telah merespon 15 kasus kebakaran lahan, baik lahan kosong maupun lahan pertanian.

Terbaru, Sabtu (26/3) diterima laporan adanya kebakaran lahan di jorong Batu Gadang nagari Katialo kecamatan X Koto Diatas. Regu piket menerima laporan telah terjadi kebakaran lahan produktif milik Marlinda Rini Safitri. Petugas dan armada dari Pos Koto Baru bergerak cepat menjangkau lokasi.

Sebelumnya, tim juga sudah menangangi kebakaran lahan di Saningbaka, Tanjung Alai, Kacang dan Singkarak yang masuk dalam wilayah kecamatan X Koto Singkarak, kemudian juga ada laporan yang direspon dari Koto Sani, Alahan Panjang, Simpang Tanjung Nan IV, Sungai Nanam dan Katialo serta Tikalak pada Minggu (27/3).

Melihat tingginya angka kasus kebakaran lahan ini, Kepala Satpol PP Damkar Kabupaten Solok melalui Kabid Pemadam Kebakaran Kabid Marlaini.S.Pd.MM mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, terlebih sekarang memasuki musim kemarau.

“Tingkatkan perhatian dan kehati-hatian kita pada resiko kebakaran lahan, karena cuaca panas membuat pohon-pohon kering apalagi lalang dan sejenisnya sangat beresiko dan mudah tersulut api,” ujarnya saat dihubungi SuhaNews.

Selain kebakaran lahan dalam medio Maret ini, Damkar Kabupaten Solok juga merespon laporan kebakaran rumah hunian milik masyarakat.

“Ada juga masyarakat yang melapor dan minta bantuan personil untuk menangkap ular yang masuk kerumah maupun memusnahkan sarang tawon,” ulas Marlaini.

Disebutkannya, saat ini Damkar Kabupaten Solok memiliki empat posko yakni Alahan Panjang, Arosuka, Koto Baru dan Sumani yang masing-masing posko disiagakan 1 armada.

Menutup perbincangannya, Marlaini kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran baik di rumah dengan memeriksa dan mematikan peralatan listrik, kompor dan tungku hingga lahan pertanian.

BACA JUGA  16 Tim Ikuti Kapolres TD Cup 2020 di GOR Bulutangkis Kinantan Parak Jua

Selama Maret 2022, Damkar Kab. Solok Respon 16 Kebakaran Lahan 1

“Selain akibat permbakaran sampah yang tertiup angin, ada juga kasus kebakaran lahan yang disebabkan oleh puntung rokok yang hingga pada daun kering, jadi perlu lebih ditingkatkan lagi kewaspadaan saat berada di lahan yang mudah terbakar,” pungkasnya. Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprak10 Huntara di Malampah Dibangun Kominfo Bersama Humas Polres dan PWI
Artikulli tjetërEvent Balimau Basamo, Cara Solok Selatan Terus Kembangkan Sektor Pariwisata dan UMKM