Seleksi Mahasiswa Baru Program Saga Saja Pariaman Dimulai

program
Pariaman, SuhaNews  – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kota Pariaman membuka pendaftaran Program Unggulan Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) untuk Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/ 2023.

“Pendaftaran bisa dilakukan di beberapa perguruan tinggi yang bekerjasam denggn Pemko Pariaman,” ujar Walikota Pariaman Genius Umar.

Baca juga: Kota Pariaman Serahkan Beasiswa Sagasaja kepada 101 Mahasiswa ATIP

Adapun perguruan tinggi yang sudah bekerjasama dengan Pemko Pariaman antara lain: Politeknik Negeri Padang, Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang, Politeknik Pelayaran Sumbar, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia, Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor dan Telkom University.

Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru Program Satu Keluarga Satu Sarjana Tahun Akademik 2022/2023 adalah Jenjang Program Diploma III Strata 1 (Pendidikan Vokasi) persyaratannya, Warga Kota Pariaman dibuktikan dengan KK dan KTP, Umur maksimal 22 Tahun pada bulan Juli 2022 (disesuaikan dengan persyaratan Perguruan Tinggi), Minimal kelas XII atau Lulusan SMA, SMK/MA.

Kemudian Pilihan Program Studi disesuaikan dengan jurusan program studi di SMA/SMK/MA, Surat Keterangan Kurang Mampu dari Desa Kelurahan berdomisili yang ditandatangani minimal 3 orang perangkat (Kepala Desa Lurah, Sekretaris dan LPM BPD) dan akan dicocokan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Pariaman, Ijazah terakhir, SKHU, Surat Keterangan Lulus Sementara bagi siswa yang telah lulus SMA SMK MA, Diperbolehkan memilih 4 Perguruan Tinggi .

Ketentuan bagi calon siswa yang memilih Telkom University, Khusus Fakultas Ilmu Terapan D3 digratiskan biaya pendaftaran, Mengantarkan bukti pendaftaran ke kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Semua persyaratan diatas di scan dan disimpan dalam bentuk pdf serta diberi nama  sesuai dengan dokumennya, Contoh KK_Nama, KTP Nama, Ijazah Nama dan SKTM Nama bagi mahasiswa Program Saga Saja.

BACA JUGA  Kota Pariaman Raih Penghargaan Kota Layak Tahun 2021 ketujuh Kalinya

Selain itu, Pemerintah Kota Pariaman memfasilitasi calon mahasiswa dari pelamar umum yang ingin kuliah di Telkom University di semua jurusan dengan biaya pribadi dengan ketentuan: Khusus Fakultas Ilmu Terapan D3 gratis biaya pendaftaran, sedangkan fakultas lain disesuaikan dengan kebijakan kampus, Persyaratan pendaftaran disesuaikan dengan kebijakan kampus, Mengantarkan No bukti pendaftaran ke kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Jadwal dan Tempat Pendaftaran, Pendaftaran mulai tanggal 23. Februaris.d 23 Maret 2022 pada link  bit.ly/SagaSaja2022, Pendaftaran Telkom Univeristy dari tanggal 31 Maret sd 12 April 2022 pada link  https://smb.telkomuniversity ac idits.

Untuk Seleksi  Administrasi dimulai pada tanggal 24 sd 29 Maret 2022, dan diumumkan tanggal 30 Maret 2022 di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Akademik disesuaikan dengan jadwal tes masing-masing Perguruan Tinggi. Jadwal Seleksi Telkom University tanggal 16 April 2022.

Bagi calon mahasiswa yang lulus tes administrasi dan tes akademik akan mendapatkan bantuan pendidikan dari Pemerintah Kota Pariaman berupa Uang SPP dan uang bulanan (Rp 500.000,-/bulan/mahasiswa untuk Perguruan Tinggi di dalam Provinsi Sumatera Barat dan Rp 2.500.000,-/bulan mahasiswa untuk Perguruan Tinggi diluar Provinsi Sumatera Barat).

Uang SPP Semester I dan uang bulanan selama 6 bulan (1 semester) akan dibayarkan langsung setelah lulus seleksi akademik pada masing-masing Perguruan Tinggi. Uang SPP semester II-VI/VIII dan uang bulanannya akan dibayarkan dengan persyaratan IPK Mahasiswa semester sebelumnya minimal 2,75, apabila IPK mahasiswa tersebut kurang dari 2,75 maka SPP akan ditanggung oleh mahasiswa dan tidak mendapatkan uang bulanan selama 6 bulan (1 semester).

Akan tetapi apabila mahasiswa tersebut tidak mendapatkan IPK minimal 2,75, maka SPP dan uang bulanan akan dibayarkan untuk semester berikutnya.

BACA JUGA  Keren, Inovasi Mahasiswi Berdayakan Ekonomi Sabet Penghargaan Internasional

Apabila mahasiswa mendapatkan IPK per semester  3,75, maka Pemerintah Kota Pariaman akan memberikan Reward sebesar Rp 1.000.000,- , Uang SPP Semester I – III, uang bulanan semester I – III serta Reward semester I – III dibayarkan oleh BAZNAS Kota Pariaman, sedangkan Uang SPP Semester IV-VI/VIII, uang bulanan semester IV-VI/VIII serta Reward Semester IV-VI/VIII, ditanggung oleh APBD Kota Pariaman. (ta)

Baca juga: Program SAGA SAJA, Walikota Pariaman Genius Umar Mou dengan Tel-U

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPospeda Kota Bukittinggi 2022, Ponpes Al Ma’arif Tuan Rumah Pencak Silat
Artikulli tjetërWakil Walikota Solok Launching Layanan Terintegrasi One For Eleven