Shalat Kusuf di Masjid Nurul Yaqin Bukit Cangang

Pelaksanaan shalat kusuf gerhana matahari di Masjid Nurul Yaqin Bukit Cangang kota Bukittinggi.

Bukittinggi, SuhaNews. Kamis, 26 Desember 2019 beberapa wilayah Indonesia di lintasi gerhana matahari cincin termasuk Kota Bukittinggi. Sejumlah masjid di Kota Wisata ini pun menggelar shalat sunah kusuf (shalat gerhana matahari). ASN Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi bersama masyarakat sekitar menggelar shalat kusuf tersebut di Masjid Nurul Yaqin Bukit Cangang.

Pada Kesempatan tersebut Ka. kankemenag Kota Bukittinggi melalui Kasubbag Tata Usaha H. Zulfikar menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat gerhana matahari (shalat kusuf) dilaksanakan bersama masyarakat setempat.

“Pelaksanaan shalat kusuf merupakan bukti kepatuhan dan ketaatan kepada Allah SWT. Karena melalui gerhana matahari, Allah memperlihatkan salah satu tanda kebesaran-Nya sehinggga menimbulkan kesadaran bagi kita yang menyaksikan,” ungkapnya.

“Tidak ada hubungan gerhana matahri dengan tahayul dan anggapan-anggapan aneh yang kadangkala beredar ditengah-tengah masyarakat.  Sesuai hadits Nabi SAW, maka kita disunahkan untuk melaksanakan zikir dan shlat,” imbuhnya.

Kelihatan seluruh jama’ah khusyu’ melaksanakan shalat sunat dua rakaat tersebut mulai dari anak-anak hingga orang tua bersemangat menghambakan diri kepada Allah SWT mengikuti shalat Kusuf yang diimami oleh Ustadz Dede Ridwan Gunawan Alumni Pondok Pesantren Mualimin Pakan Sinayan.

Tampil sebagai Khatib pada pelaksanaan shalat kusuf ini adalah Guru Pondok Pesantren Mualimin Pakan Sinayan, Ustadz Ari Jauhari. Dalam khutbah yang disampaikannnya, Ustadz Ari Jauhari menerangkan sebab terjadinya shalat kusuf serta sederatan kisah Rasulullah SAW. Selain itu, ia menegaskan bahwa pelakasanaan shalat kusuf merupakan bukti kecintaan dan ketakutan manusia kepada azab Allah SWT.

reporter : Yal editor : Moentjak

 

Facebook Comments

loading...