Skoteng, Minuman Hangat Pengusir Dingin

Pada musim hujan saat ini asyik nya minum yang hangat hangat, salah satu minuman tradisional yang direkomendasikan oleh SuhaNews.com adalah Sekoteng. Sekoteng adalah minuman asli dari Jawa Tengah dengan ciri khas jahe yang biasa dihidangkan ketika cuaca dingin.

Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti.

Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari dan dikala musim hujan, dikarenakan saat ini musim hujan maka pilihan minuman yang pas buat anggota keluarga adalah sekoteng.

Minuman sekoteng ini Dikarenakan jahe menjadi bahan utama didalamnya, Maka minuman ini dikenal memiliki khasiat terutama untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari faktual news.com ada beberapa khasiat jahe bagi tubuh kita, yakni dapat menimbulkan efek positif pada lambung dan juga usus. Bahkan tidak hanya itu saja, senyawa yang terkandung pada jahe juga dikenal memiliki kemampuan untuk meredam rasa mual dengan cara memberikan efek di otak dan juga sistem saraf.

Khasiat lain jahe menurut Wikipedia adalah mampu mengurangi resiko stroke. Ramuan jahe tersebut sangat dipercaya pada bagian apotek hidup keluarga menjadi penangkal penyakit stroke.

Sekoteng yang memiliki komposisi dari seduhan wedang jahe memiliki khasiat luar biasa. Salah satunya dapat menurunkan kolestrol tubuh. Sangat baik dikonsumsi para orang tua. Apalagi bisa menetralkan seusai anda memakan tempe goreng, pisang goreng, dan sebagainya.

Sementara Menurut pidhjar.com ada enam kondisi yang efektif ketika diatasi dengan meminum sekoteng. (1)Pusing, Jahe yang terkandung di dalam sekoteng ini dipercaya memiliki kemampuan untuk meringankan pusing dengan cara merangsang aliran darah menuju otak. Selain itu, juga bisa meringankan mual. (2)Nyeri Menstruasi, Beberapa penelitian menyebutkan bahwa jahe memiliki khasiat mengurangi gejala nyeri saat menstruasi. Bahkan khasiat jahe ini bisa disamakan dengan obat seperti ibuprofen dan juga asam mefenamat. (3) Mencegah Morning Sickness.


Sebenarnya morning sickness yang sering terjadi di awal masa kehamilan bisa diminimalisir dengan cara minum sekoteng. Hal ini disebabkan jahe ternyata juga berkhasiat bisa meminimalisir morning sickness, Namun perlu Anda ingat, pada saat hamil tidak boleh sembarangan meminum obat-obatan tradisional seperti jahe. Untuk itulah sebelumnya disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda meminum sekoteng. (4) Mencegah Osteoporosis. Banyak hasil penelitian yang menyebutkan jika rasa sakit yang diakibatkan oleh kondisi seperti ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi ekstrak jahe, Dan ekstrak jahe ini akan lebih nikmat lagi jika dijadikan minuman sekoteng. Senyawa kimia yang ada pada jahe ini dipercaya memiliki kemampuan untuk mengurangi zat kimia yang dapat memicu peradangan sendi dan juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat, yaitu zat yang dapat meringankan rasa sakit dan juga ketidaknyamanan. (5) Mual dan Muntah Pasca Operasi. Mengkonsumsi jahe sebelum operasi juga diyakini dapat mengurangi rasa mual dan juga muntah setelah operasi. (6)Mengurangi Pusing dan Sakit Kepala.

Khasiat ini datang dari rasa jahe yang menghangatkan itu. Sebab rempah rempah jenis ini memang terkenal sebagai penyembuh sakit kepala yang ulung. Maka anda di anjurkan untuk meminumnya. Dedi Hermanto

 

Facebook Comments

loading...