SMPN 2 Kubung Dapat Penyuluhan Kesehatan oleh Puskesmas Salayo

SMPN 2 Kubung Dapat Penyuluhan Kesehatan oleh Puskesmas Salayo
Koto Baru, SuhaNews. Upacara Senin (9/3) di SMPN 2 Kubung (SMP Koto Baru) berbeda dari biasanya. Yang menjadi pembina upacara kali ini dr. Nana Wandhana dari Puskesmas Salayo dengan peserta upacara seluruh siswa dan guru SMN 2 Kubung.

Dalam amanatnya Dr. Nana menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan sebagai upaya melindungi diri dari berbagai virus dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. Salah satu caranya adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya pakai ssabun setiap selesai melaksanakan kegiatan.

Dalam amanatnya Dr. Nana juag menyebut bahwa virus Corona atau Covid 19 sudah ada sejak lama, namun sekarang muncul lagi dengan jenis yang berbeda.

“Gejala yang muncul dari seseorang yang sudah terpapar 14 hari setelah kontak.yaitu demam tinggi lebih 38 derajat, batuk, pilek, kadang di sertai mual dan muntah,” ujar dr. Nana.

Lebih lanjut dr.Nana Wandhana mengatakan,”semua kita terutama warga sekolah harus dapat sosialisasi tentang virus corona dan ikut demo cara cuci tangan pakai sabun (CTPS). Jika batuk harus memakai masker atau tutup mulut dengan lengan atas. Anak harus makan gizi yang seimbang, banyak minum air putih 8 gelas perhari, banyak makan buah tidak merokok dan menjaga kebersihan lingkungan serta tidak lupa berdoa”.

Usai upacara tim Puskesmas Selayo yang beranggota dr. Nana Whandana, dr. dr Wahyuni, Promkes Puskesmas Selayo Siska afrianti,A.Md.Keb, dan Pembina Wilayah SMP Bidan Prisda Yeni, juga mengajak para siswa memperagakancara cuci tangan pakai sabun (CTPS) serta beberapa trik untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan.

Kepala SMPN 2 Kubung Drs.Nofrianten Mpd mengucapkan terima kasih atas kunjungan tim Puskesmas Salayo yang telah memberikan penyuluhan kesehatan di SMPN 2 Kubung.

BACA JUGA  Rumah Garim Masjid Raya Koto Baru Solok Terbakar di Malam Tahun Baru

Ia berharap nantinya para siswa tidak hanya mempraktekan ilmu ini untuk dirinya saja, akan tetapi juga disebarkan kepada keluarga dan lingkungannya.

reporter : DL editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...