SMPN 3 Gunung Talang Benahi Lingkungan dan Manajemen Sekolah

SMPN 3 Gunung Talang Benahi Lingkungan dan Manajemen Sekolah
Komite dan Kepala Sekolah gelar dialog untuk kemajuan sekolah
Solok, SuhaNews – SMP Negeri 3 Gunung Talang, Kabupaten terus bersolek. Selain membenhi lingkungan sekolah agar menjadi sekolah sehat dan adiwiyata, SMP ini juga sedang berbenah menuju sekolah berakreditasi A.

“Kita berharap SMPN 3 Gunung Talang bisa terakreditasi A, saat ini Akreditasinya B,” jelas Kepala SMPN 3 Gunung Talang, Yeni.

Akreditasi, jelas Yeni, bukan sebatas urusan administrasi. Setidaknya ada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang harus dibenahi. Artinya mencakup semua kegiatan di sekolah ini, dilakukan penilaian secara komprehensif.

“Kita berupaya bisa mendapatkan akreditasi A,” ujar Yeni, saat berrdialog dengan Ketua Komite Sofriwandy NR dan pengurus komite lainnya, Senin (10/2) di sekolah tersebut.

“Masih banyak yang harus dibenahi di sekolah ini,” jelas Ketua Komite Sofriwandy NR.

Manajemen sekolah  masih lemah, mulai dari perencanaan sampai pengawasan. Standarisasi

belum berjalan, atau baru sebtas formalitas.

“Guru belum begitu memahami akreditasi,” jelas Sofiwandy.

Di samping dana BOS (bantuan operasional sekolah), jelasSyofriwandi, dibutuhkan dukungan Pemda dalam kebijakan dan anggaran. Diharapkan anggaran untuk sektor pendidikan lebih maksimal.

SMPN 3 Gunung Talang lakukan perindangan

SMP Negeri 3 Gunung Talang, jelas Yeni,pernah mewakili Kabupaten Solok dalam lomba sekolah Adiwiyata tingkat nasional. SMP ini sudah juga mewakili daerah dalam lomba UKS tingkat Sumbar, sebagai sekolah yang sudah menerapkan sistem Trias UKS.

Trias UKS meliputi Pendidikan Kesehatan, yang merupakan bagian dari keseluruhan upaya kesehatan Promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, yang lebih menitip beratkan kepada upaya untuk meningkatkan pola hidup sehat.

“Komite siap mendukung SMP 3 Gunung Talang agar bisa berbicara di tingkat Sumbar dan nasional,” jelas Syofriwandi.

Beberapa tahun terakhir, jelasnya,  SMP Negeri 2 Gunung Talang yang sering mewakili Sumbar pada berbagai ajang perlombaan, baik di bidang akademik maupun non akademik. Ke depan SMPN 3 Gunung Talang diharapkan bisa pula meraih prestasi yang sama.

BACA JUGA  Pelajar Asal Sarik Laweh Nagari Sumiso, Rindu Disandera Alam

Untuk mewujudkan semua ini, jelas Syofriwandi dan Yeni, dibutuhkan dukungan lingkungan sekitar, masyarakat  sekolah, komite, alumni dan majelis guru serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...