Sosialiasi Produk Unggulan UMKM, Bupati Solok: Perhatikan Kualitas

unggulan
Produk unggulan UMKM
Arosuka, SuhaNews – Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Koperasi. UKM, Perindustrian dan Perdagangan menggelar sosialisasi penyampaian produk unggulan UMKM yang akan dikerjasamakan pendistribusiannya melalui organisasi masyarakat Minang, koperasi dan rantau, Kamis (23/7/2020) di Guest House Arosuka.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, Kepala Bagian Kerjasama Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau Prov Sumbar Aschari Cahyaditama, Ketua Dekranasda Ny. Desnadefi Gusmal, -Kadis Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab.Solok Eva Nasri, Kabag Kerjasama Daerah Devi Pribadi, dan para pelaku UMKM Se-Kabupaten Solok.

unggulan“Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM Kab Solok untuk didistribusikan kepada Masyarakat Minang beserta koperasi dan para perantau baik lokal, nasional maupun internasional,” jelas Eva Nasri.

Jumlah UMKM di Kabupaten Solok, jelas Eva Nasri, sekitar 3000 unit. Salah satu permasalahan dan kendala dalam pengelolaan Produk UMKM ini adalah pemasaranya.

“Wabah Covid-19 membuat UMKM tidak bergerak dan terkena dampak cukup serius,” jelas Eva Nasri.

Untuk membantu pemasaran hasil produksi UMKM, sudah dilakukan kerja sama dengan Aplikasi Buka Lapak. Namun hanya 5 produk saja, sementara produk UMKM lainnya belum bisa dipasarkan melalui buka lapak ini.

Sementara Bupati Solok menyampaikan  ucapan terimakasih kepada Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau Provinsi Sumbar yang sudah menggagas kegiatan ini. Sekalipun menggalang kerja sama dengan Bagian Kerjasama Daerah dan Dinas Kopreindag dalam mempromosikan produk UMKM Kab Solok.

unggulan“Para pelaku UMKM diharapkan memiliki optimisme yang tinggi dan harus bisa mencari pasar sendiri,” harap Gusmal.

Pelaku UMKM, jelas Gusmal, diharapkan memperhatikan penampilan atau kemasan produk untuk menarik minat konsumen.

“Produk harus berkualitas unggul agar bisa bersaing dengan kompetitor lain,” jelas Gusmal.

“Dinas Koperindag dan bagian KSD diharapkan mampu mengatasi permasalahan pemasaran produk UMKM ini,” tambah Gusmal. Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...