Srikandi Damkar, Ikut ke Garda Terdepan Saat Bencana

Srikandi Damkar Kota Solok saat beraksi di Bukit Tandang

Solok, SuhaNews. Saat musibah kebakaran yang melanda empat unit rumah di Bukit Tandang Kec. Bukit Sundi Kab. Solok pada Minggu (23/2) yang lalu, Regu Pemadam Kabupaten Solok bergabung dengan regu dari kota Solok.

Menariknya, dari Kota Solok juga menerjunkan tiga personil wanita yang biasa mereke sebut Srikandi Damkar Kota Solok. Tak ada perbedaan dengan personil pria, para Srikandi ini juga maju ke garda depan mengoperasikan berbagai jenis peralatan pemadaman.

Srikandi Damkar Kota Solok saat beraksi di Tanjung Bingkung beberapa waktu yang lalu.

Dari cekatannya mereka mengoperasi alat-alat Damkar, tampak kalau mereka juga tenaga terlatih seperti personil lainnya.

“Ini bukan aksi pertama mereka terjun ke lokasi, setiap kali ada panggilan tugas mereka ikut beraksi, terutama yang sedang piket di Posko,” ujar Ariantoni, SH Danton Damkar Kota Solok yang datang ke Bukit Tandang.

Terpisah, Kabid Damkar Agus Zainir mengatakan bahwa para Srikandi Damkar kota Solok ini sebelum bertugas telah dibekali ilmu terlebih dahulu. Mulai dari mengoperasikan berbagai jenis peralatan sampai safety saat bertugas.

Kabid Damkar Kota Solok, Agus Zairnir

“Secara tanggung jawab semua personil Damkar sama, hanya untuk tugas yang lebih berat tentu saja kita prioritas personil pria. Untuk skill dan pendidikannya semua personil diberi kesempatan sama untuk belajar,” jelas Agus Zainir.

Selain bertugas memadamkan api saat ada musibah, para Srikandi Damkar Kota Solok ini juga bertugas memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang waspada bencana kebakaran, dan cara-cara penanganan pertama saat terjadi musibah kebakaran seperti yang disebabkan oleh ledakan kompor.

Penyuluhan biasanya dilakukan dengan mendatangi kelompok-kelompok maupun organisasi, sekolah sampai menempel stiker dan memasang himbau di warung-warung atau tempat yang mudah terlihat oleh masyarakat.

Srikandi Damkar Kota Solok, tak gentar berada di garda terdepan saat bertugas.

Tak hanya itu, saat ada studi edukasi dari sekolah ke markas Damkar, maka Srikandi ini pula lah yang memberikan penjelasan dan pengenalan tugas Damkar sampai memperagakan penggunannya.

Pujian juga datang dari Walikota dan Wakil Walikota Solok atas aksi mereka ini, baik disampaikan langsung dalam beberapa kali pertemuan maupun dalam upacara resmi seperti saat HUT Damkar beberapa waktu yang lalu. Moentjak

Baca Juga :

 

 

Facebook Comments

loading...