Suku Tanjuang Koto Padang Lua Adakan Halal bi Halal Kesukuan

Puncak Panta, SuhaNews – Kesatuan suku Tanjuang Koto Padang Lua Nagari tuwo III Koto, Kecamatan Rambatan,  Kabupaten Tanah Datar mengadakan perhelatan malewakan gala Manti Enka sekaligus halal bin halal kesukuan silaturahmi anak kemanakan, Senin, 03 Juli 2023. 

“Kegiatan ini sudah lama tidak dilaksanakan di Rumah Gadang Suku Tanjuang Tanah Sirah,” ujar Gusnaidi Malin Bungsu dari Suku Tanjuang.

Baca juga: Bupati Solok Hadiri Acara Malewakan Gala Pusako Suku Panyalai Nagari Paninggahan

Lebih lanjut Malin bungsu menjelaskan bahwa pertemuan tersebut adalah ajang silaturahmi antar anak kemanakan dan sesepuh suku serta tetua adat salingka suku tanjung tanah Sirah.

Adapun tujuan kegiatan yang dilaksanakan untuk memperkuat persatuan dalam suku untuk menopang program babalik ka Nagari dan membudayakan syiar Adat Basandi Syarak (ABS) Syarak Bakato Adat Mamakai dalam membantu dan membina kerukunan antar warga masyarakat dan sebagai warga negara yang baik dan sadar hukum.

Ditambahkan Gusnaidi, serta memahami fungsi niniak mamak dan fungsi pemerintah dalam mengayomi masyarakat adat di Minangkabau sesuai UUD 1945 pasal 18.b dan UU otonomi daerah sebagai percepatan pembangunan di daerah yang berkeadilan, dan berkesejahteraan yang sama dalam wadah lembaga bernagari ,berbangsa dan bernegara.

Tentunya perlu saling memberikan informasi dan keterbukaan informasi bagi setiap warga masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat luas pada umumnya dan masyarakat kesukuan pada khususnya .

Gusnaidi Malin Bungsu mengharapkan dengan penguatan unsur-unsur kepemimpinan dalam suku bisa membantu program kerja Nagari dan pemeritah daerah dalam menyokong undang undang propinsi sumatera barat yang lebih proaktif mengemban tugas mulia para pendiri bangsa dan generasi penerus penegak perjuangan dan kemerdekaan NKRI dan pelopor adat dan budaya kearifan lokal Minangkabau yang baik. (*)

BACA JUGA  LaNyalla : Mari Sambut Anugerah Ini
Baca juga: Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor Kini Bergelar Dt. Rajo Basa

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -