Taman Budaya Sumbar Gelar Workshop Kaligrafi

Padang, SuhaNews/.UPTD Taman Budaya Sumatera Barat mengadakan workshop kaligrafi selama 2 hari yang dimulai pada Kamis – Jumat (19-20 Maret 2020) bertempat di lantai II gedung Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat jalan Diponegoro no.31 Padang.

Kepala UPTD Taman Budaya Drs.H.Muasri dalam sambutannya mengatakan bahwa Perkembangan seni lukis di Indonesia khususnya di Sumatera Barat pada saat ini cukup mendapat tempat di hati masyarakat terutama generasi muda pungkas Muasri.

“Hal ini terbukti dengan adanya sekolah seni rupa dan sanggar kaligrafi yang cikal bakal akan melahirkan pelukis-pelukis seni kaligrafi. Seiring dengan perkembangan seni lukis kaligrafi, maka bermunculan pula karya karya seni oleh perupa yang mengembangkan karya lukisnya dengan memadukan ayat ayat atau surat surat dalam Alquran kedalam lukisan mereka (seni lukis kaligrafi)”, ucap Muasri.

Baca Juga : Lomba Kaligrafi di Surau Lakuak, Mengajak Santri Mencintai Al Qur’an Lewat Seni

Karya karya perupa ini lanjut Muasri lebih menonjolkan prinsip prinsip kesenirupaan semata tanpa memperhatikan khot yang digunakan atau seringkali semaunya dalam mengolah huruf dan tidak menghiraukan bahwa kesalahan tulisan bisa menyebabkan perubahan makna ayat yang ditulis”, tutup Muasri.

Kepala Dinas kebudayaan Provinsi sumatera Barat Dra.Hj.Gemala Ranti,MSI dalam sambutannya menyampaikan agar peserta bisa menyerap ilmu yang diberikan oleh Narasumber selama 2 hari ini, dan setelah acara ini selesai harus menghasilkan karya yang dapat dipamerkan sesuai target ulasnya.

“Apabila tidak menghasilkan karya, maka namanya bukan workshop,untuk itu peserta harus siap memamerkan karyanya, sejelek apapun hasilnya itulah sebuah karya yang patut diapresiasi, kita harus menghargai karya orang lain, Setelah workshop ini selesai diharapkan ada tindak lanjutnya dan dikembangkan oleh pelukis di daerah masing jangan sampai didiamkan saja”, bebernya.

Pihak Dinas kebudayaan akan lebih banyak lagi menggelar workshop kesenian yg lain di taman budaya ini tutup Hj. Gemala sekaligus membuka acara.

Kasi pergelaran budaya kesenian dan penampilan Sexri Budiman. S.Sn selaku ketua panitia juga mengatakan bahwa workshop ini sepenuhnya dibiayai dengan dana alokasi khusus DAK dari BOP museum dan taman budaya tahun 2020 imbuhnya.

“Tujuan diadakan workshop ini untuk menumbuhkan minat generasi muda pada senikaligrafi (lukis).Peserta disediakan penginapan hotel Konsumsi, piagam penghargaan, uang transportasi”, jelasnya.

setiap kab/kota mengirimkan utusannya maksimal 2 orang dengan usia Maksimal 25 th dan seandainya kab/kota tidak mengirimkan peserta sesuai batas waktu yang ditentukan panitia berhak menambah kuota yang dibatasi hanya 38 orang “,tegas Sexri Budiman.

Workshop seni lukis kaligrafi kali ini mendatangkan 3 orang Instruktur yang ahli dan berpengalaman di bidangnya yakni Drs.Amy Dt.Garang,M.pd, Ade Setiawan,Ma,Yusri Amir,Mag”, tutupnya.

reporter : Dedi editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...